Pengembangan Flipbook Jelajah Negeriku Bermuatan Nilai Karakter Nasionalisme Sebagai Media Pembelajaran IPAS SD
Abstract
IPAS merupakan pembelajaran yang hadir sebagai implementasi kurikulum merdeka. IPAS juga berperan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Namun dalam pelaksanaannya di sekolah guru masih kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran ini terutama dalam mewujudkan nilai yang ada dalam profil pelajar Pancasila, salah satunya nilai karakter nasionalisme dan menyediakan media pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media Flipbook Jelajah Negeriku yang memiliki muatan nilai karakter nasionalisme atau cinta tanah air. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil dari penelitian pengembangan ini menghasilkan flipbook sebagai media pembelajaran IPAS dengan skor hasil uji validasi ahli materi sebesar 88%, ahli media sebesar 96,33%, dan ahli bahasa sebesar 100% dengan total rata-rata skor validasi sebesar 97% dan mendapatkan kategori sangat layak. Kemudian, pada tahap uji coba kepraktikan, hasil dari uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 97,1%, uji coba kelompok kecil 99,6%, dan uji coba kelompok besar 97,13%, dengan total rata-rata skor sebesar 97,33% dan mendapatkan kategori sangat layak. Sehingga, Flipbook Jelajah Negeriku yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ernawati, Iis. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server.” Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education) 2, No. 2 (December 11, 2017). Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V2i2.17315.
Firmadani, Fifit. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0,” N.D.
Junaidi, Junaidi. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3, No. 1 (June 30, 2019). Https://Doi.Org/10.35446/Diklatreview.V3i1.349.
Karlina, Dety Amelia. “Mengenal Dampak Positif Dan Negatif Internet Untuk Anak Pada Orang Tua.” Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat 1, No. 2 (November 30, 2020). Https://Doi.Org/10.17509/Jpdpm.V1i2.24002.
Kemendikbud, "Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C" 2022.
Mahmudi, Moh Rosyid, Yulia Darniyanti, And Anisa Oktaviani. “Pengembangan Modul Ajar Berbantukan Canva Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang 9, No. 2 (July 6, 2023). Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i2.1289.
Mulyasa, H.E. Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara, 2023.
Nugraha, Rana Gustian, And Fajar Kusumah Solihin. “Model ‘Learning Cycle’ To Increase Student Critical Thinking On Learning Concept Of Ips Learning Environment In Elementary School” 5 (2017).
Rohmah, Nafilatur. “Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan Dan Kegunaannya” 4 (2021).
Setiadi, Muhammad Ilham, Makbul Muksar, And Dhia Suprianti. “Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 5, No. 4 (November 8, 2021). Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V5i4.2542.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.