Pengembangan Media Interaktif Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Daerahku dan Kekayaan Alamnya untuk Peserta Didik Fase B Sekolah Dasar

Sava Rhama Dina Tifani, Rana Gustian Nugraha, Dety Amelia Karlina

Abstract


Pengetahuan dan wawasan peserta didik mengenai daerah tempat tinggalnya perlu dikenalkan bahkan ditingkatkan. Hal tersebut penting dilakukan sebab di waktu yang akan datang peserta didik berpotensi untuk mengambil peran penting dalam pengelolaan dan pelestarian potensi  kekayaan alam di daerah tempat tinggalnya. Melalui pembelajaran IPAS dalam implementasi kurikulum merdeka berupaya menghadirkan kesempatan bagi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran sesuai dengan minat belajarnya untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa flipbook digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pada tahap desain dihasilkan flipbook yang memuat materi, animasi, video pembelajaran, audio dan permainan interaktif yang dibuat melalui situs Canva. Kemudian pada tahap pengembangan dilakukan dengan mengunggah hasil desain flipbook pada situs Heyzine untuk dilakukan pemograman pada setiap halaman flipbook, kemudian dilakukan uji validasi oleh ahli terkait dengan validasi materi, bahasa, dan media. Hasil validasi materi dan bahasa menunjukkan angka 82%, kemudian hasil validasi media mendapatkan angka 92%. Pada tahap Implementasi dilakukan uji coba pada kelas IV sekolah dasar yang dilakukan melalui tiga tahap, pertama pada uji coba perorangan pada 6 orang peserta didik menghasilkan persentase kelayakan sebesar 90%, kedua uji coba kelompok kecil pada 15 orang peserta didik menghasilkan kelayakan sebesar 93%, dan ketiga uji coba kelompok besar pada 30 orang peserta didik menghasilkan kelayakan sebesar 97%. Berdasarkan persentase kelayakan yang diperoleh, flipbook yang dikembangkan dikualifikasikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS pada materi daerahku dan kekayaan alamnya. Penggunaan media pembelajaran flipbook ini dapat menunjang terciptanya pembelajaran yang memacu keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui prinsip terdiferensiasi yang menciptakan suasana belajar yang beragam sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.

Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, IPAS, Flipbook, Daerahku dan Kekayaan Alamnya

Full Text:

PDF

References


Alfatonah, Indah Nur Aziza, Yonada Viossa Kisda, Aisyah Septarina, Anzela Ravika, and Ines Tasya Jadidah. “Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV.” Jurnal Basicedu 7, no. 6 (November 29, 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2012

Astuti, Indri. “The Implementation of ADDIE Model in Developing Career Guidance Program in Senior High School.” JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning) 4, no. 1 (March 1, 2019). https://doi.org/10.26737/jetl.v4i1.992.

Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki Nurzakiyah, Nasywa Atha Kanya, Sulis Putri Hidayat, and Usep Setiawan. “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran” Jurnal of Student Reasearch (JSR). 1, no. 2 (2023).

Fadillah, Ahmad. “Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 2, no. 1 (April 7, 2018). https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259.

Karlina, Dety Amelia. “MENGENAL DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET UNTUK ANAK PADA ORANG TUA.” Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (November 30, 2020). https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24002.

Mulyasa, H.E. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Nugraha, Rana Gustian, and Fajar Kusumah Solihin. “Model ‘Learning Cycle’ To Increase Student Critical Thinking On Learning Concept Of Ips Learning Environment In Elementary School.” JURNAL PESONA DASAR 5 (2017).

Ramadhina, Sarah Rizqi, and Khavisa Pranata. “Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (June 9, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470.

Riady, Achmad. “Pendidikan Berkualitas Di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran).” Jurnal Literasi Digital 1, no. 2 (July 31, 2021). https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.15.

Uktolseja and Wibawa, “Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Wawasan Nusantara Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin,1(6) (2022). https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/425

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin., “Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(10). (2022). https://doi.org/10.3390/su12104306.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.