Strategi Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Game Edukasi Kartu Pintar
Abstract
Penelitian ini membahas konsep permainan dan game, serta penggunaannya dalam konteks pembelajaran, terutama dalam pendidikan matematika di sekolah dasar. Game diartikan sebagai aktivitas terstruktur yang dilakukan untuk hiburan dan pembelajaran. Penelitian menyoroti pentingnya game edukasi, yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran melalui media yang menarik. Contohnya, penggunaan kartu pintar dalam pembelajaran matematika yang melibatkan visualisasi konsep-konsep matematika dasar seperti penjumlahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa studi kasus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebanyak 16 siswa dari 20 siswa atau 80% yang berpartisipasi dalam menggunakan media game kartu pintar, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tersebut cukup berhasil dalam menarik minat siswa dan melibatkan mereka dalam pembelajaran matematika. Hasil wawancara dan survei terhadap siswa dan guru mengindikasikan bahwa metode pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, Desyka Ayu. “Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android Di Sdn 1 Jepun.” JoEICT (Journal of Education And ICT) 3, no. 2 (October 28, 2019). https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1241.
Aprianni, Sakinah, Sepnita Nurma Wardhani, Syafna Mardhatillah, Manisha Azzuhro, and Rora Rizky Wandini. “Kesulitan Belajar Materi Matematika Terhadap Siswa Di Sekolah Dasar (SD).” AL-IHTIRAFIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (December 31, 2021). https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i02.743.
Astuti, Nuraini Indah. “Keefektifan Metode Inkuiri Berbantu Media Smart Card (Kartu Pintar) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sambiyan Pada Pembelajaran Tematik.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 12, no. 1 (February 13, 2020). https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.14921.
Dony, Novrian, Mohan Taufiq Mashuri, and Nuriah Nuriah. “Perbandingan Media Kartu Pintar Dan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga Di SMAN 1 Alalak.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) 4, no. 2 (October 31, 2019). https://doi.org/10.24905/psej.v4i2.10.
Emawati, Desi, and Nukhbatul Bidayati Haka. “Analisis Kemampuan Habits Of Mind Kelas X Melalui Pengembangan Kartu Pintar Biologi Dengan Teknologi Augmented Reality.” Jurnal Pendidikan Biologi 13, no. 1 (June 1, 2022). https://doi.org/10.17977/um052v13i1p76-89.
Frasandy, Rendy Nugraha, Eva Suryati, and Sonya Yuliantika. “Efektifitas Media Smart Card (Kartu Pintar) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2, no. 2 (August 27, 2022). https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.466.
Kharisma, Giri Indra, and Faizal Arvianto. “Pengembangan Aplikasi Android Berbentuk Education Games Berbasis Budaya Lokal Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1 SD/MI.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9, no. 2 (December 18, 2019). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.
Miskiyah, Zakiyah, and Nur Lina Safitri. “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Pintar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Materi Ekosistem.” Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal 2, no. 2 (May 2, 2023). https://doi.org/10.18592/ak.v2i2.7444.
Nabila, Nasrin. “Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 6, no. 1 (February 20, 2021). https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3574.
Oktaviani, Rizki, Rahmat Sudrajat, and Arfilia Wijayanti. “Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Kartu Pintar Terhadap Hasil Belajar IPS.” International Journal of Elementary Education 3, no. 1 (April 10, 2019). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17281.
Sari, Firda Widya, and Muhammad Misbahul Munir. “Pengembangan Media Gaspat (Tangga Satuan Panjang Dan Berat) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III SDN 1 Bulu Jepara.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 4, no. 2 (December 8, 2023). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4068.
Sari, Yova Andela, Amrul Bahar, and Salastri Rohiat. “Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Kartu Pintar Dan Kartu Kemudi Pintar.” Alotrop 1, no. 1 (August 23, 2017). https://doi.org/10.33369/atp.v1i1.2716.
Wandini, Rora Rizki. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Edited by Oda Kinata Banurea. Medan: Widya Puspita, 2019.
Yunus, Mursid, Indah Fitri Astuti, and Dyna Marisa Khairina. “Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar.” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 10, no. 2 (September 11, 2015). https://doi.org/10.30872/jim.v10i2.192.
Yuslolita, Yuslolita. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Dengan Media Kartu Pintar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 64/IV Kota Jambi Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 19, no. 2 (July 9, 2019). https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.652.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ema Rizky Ananda, Wahyu Hengky Irawan, Abdussakir Abdussakir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.