Meningkatkan Sikap Toleransi Melalui Pengembangan Media Pop Up Book pada Materi PPKn Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sikap toleransi peserta didik pada materi PPKn. Media ini dikembangkan dengan menampilkan kegiatan pengamatan yang bisa dilihat melalui gambar 3D dan cerita yang disajikan pada media ini. Tampilan hadist dan 3D membuat agar pembelajaran lebih bermakna dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini mengembangkan produk dari hasil studi kasus yang ditemui oleh peneliti. Penelitian dan pengembangan media menggunakan langkah dari Borg and Gall yang dimodifikasi dalam tujuh langkah pengembangan. Media yang dihasilkan berupa Pop Up Book dengan materi PPKn. Adapun Hasil penelitian ini di ambil dari hasil validasi diperoleh dari validator ahli media dan ahli materi. Validasi ahli media memperoleh hasil prosentase 84,3% dengan kualifikasi “sangat valid” sedangkan validasi ahli materi memperoleh hasil prosentase 89,3% dengan kualifikasi “sangat valid” sehingga kedua validasi baik ahli media dan ahli materi memperoleh tingkat kualifikasi “sangat layak”. Hasil analisis yang telah terkumpul menunjukkan adanya berbedaan antara pembelajaran sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Audie, Nurul. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, (2019).
Bakari, Monalisa, Sri Maryati, and Rusiyah Rusiyah. “Pegembangan Media Pembelajaran Berbasis Focusky Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tilango, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo.” JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) 10, no. 1 (March 20, 2023). https://doi.org/10.20527/jpg.v10i1.14743.
Chiang, C. L., and H. Lee. “The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students.” International Journal of Information and Education Technology 6, no. 9 (2016). https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779.
Choli, Ifham. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Alrisalah 1 (2019).
D, Dinie A, Devyanne Oktari, and Dinie Anggraeni Dewi. “Pemicu Lunturnya Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial.” Jurnal PEKAN 6, no. 1 (2021).
Davidson, Neil, and Claire Howell Major. “Boundary Crossings: Cooperative Learning, Collaborative Learning, and Problem-Based Learning.” Journal on Excellence in College Teaching 25 (2014).
Dewanti, Handaruni, Anselmus J E Toenlioe, and Yerry Soepriyanto. “Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1 (2021).
Edinburgh Gate, Harlow. Appliying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice Gall Gall Borg. 6th ed. California: Pearson New International, 2014.
Erica, and Sukmawarti. “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis 2, no. 4 (2021).
Hendar, Ahmad, Wibisono. Pengantar Teknologi Pendidikan. Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2023.
Hikmah, Nur, Arief Kuswidyanarko, and Patricia H M Lubis. “Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 15, no. 2 (2020): 137–48.
Kustiawan, Usep. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera, 2016.
Luqmanul Hakim Habibie, M, Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, and Anggoro Sugeng. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Moderasi Beragama. Vol. 01, 2021.
Markula, Anette, and Maija Aksela. “The Key Characteristics of Project-Based Learning: How Teachers Implement Projects in K-12 Science Education.” Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research 4, no. 1 (December 2022). https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x.
Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter V (2015).
Nucci, Larry. “Handbook of Moral and Character Education,” n.d.
Nyoman, I, Warta Sekolah, Tinggi Hindu, Dharma Klaten, and Jawa Tengah. “Actualization Of The Value Of Tat Twam Asi In Religious Moderation.” Jurnal Widya Aksara. Vol. 27, 2022.
Puspita, Ari Metalin Ika, and Diah Setyaningtyas. “Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 3 (August 23, 2022). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2907.
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pengembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Syathori, A. Urgensi Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2021.
Tabah, Silvia, and Hati M Si. “Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial Dan IPS (Sumber Dan Materi IPS).” Vol. 2. Januari-Juni, 2018.
Tan, Oon-Seng, Tan Oon Seng, Richard D Parsons, Stephanie Lewis Hinson, and Deborah Sardo-Brown. “Other Educational Books from Thomson Learning Problem-Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century Educational Psychology: A Practitioner-Researcher Approach (An Asian Edition),” n.d.
P K Sudirja Asprilla, I W Sutaya, and G Nurhayata. “Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Kontrol Pompa Air Berbasis Mikrokontroler Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Kelas XI Tav Di SMK Negeri 3 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha 8, no. 2 (2019).
Umbu Nono, Godeliva, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, and Ludovikus Bomans Wadu. “Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 3, no. 2 (2018). https://doi.org/10.21067/jmk.
Yolanda, Nia Della, Ummul Quro, and Universitas Muhammadiyah DrHamka. “Pengaruh Kemampuan Membaca Awal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2978.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.