Mind Mapping Sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik pada Materi IPA Madrasah Ibtidaiyah Pasca Pandemi
Abstract
Kreativitas belajar merupakan suatu yang sangat penting diciptakan oleh pendidik dan peserta didik, kreativitas sebagai modal awal pembelajaran yang menyenangkan. Terjadinya pandemi covid-19 dan pasca pandemi covid-19 memang berakibat pada proses pembelajaran. Saat terjadinya pandemi proses pembelajaran dialihkan secara online, pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka, sehingga proses pembelajaran dilakukan dengan aplikasi online seperti WhatsApp, Goole Meet, dan Zoom sehingga proses pembelajaran peserta didik tidak bisa terpantau dengan maksimal. Lain halnya pasca pandemi covid-19 proses pembelajaran sudah dilakukan tatap muka akan tetapi banyak sekali peserta didik yang masih malas, pengen cepat istirahat dan keaktifan yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas peserta didik menggunakan model Mind mapping pasca pandemi. Alasan peneliti memilih topik ini, karena model mind mapping dirasa tepat sebagai alternatif dalam meningkatkan kreativitas proses pembelajaran IPA di masa pandemi covid-19 maupun pasca pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian model mind mapping dapat diimplementasikan pada saat pandemi covid-19 maupun setelah terjadinya covid-19. Hal itu dikarenakan model mind mapping dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam merancang, menulis, dan mengingat pemetaan materi yang ada dalam pikiran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Adelia R, I., and Erwin. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 5 (2021).
Aprinawati, I. “Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 2, no. 1 (2018).
Asrul, A., and M. Pia. “Implementasi Model Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar IPA Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2022).
Dwi Mukti, Fajar. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Di Kelas V Mi Wahid Hasyim.” Elementary 7 (2019).
Fauzi E, P. “Revolusi Komunikasi Dan Perubahan Sosial (Dampak Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa.” Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi 9, no. 2 (2020).
Hasanah, U. “Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII A MTs Nurul Islam Air Bakoman Kabupaten Tanggamus.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 6, no. 2 (2016).
Hikmawati, N. “Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar: (Studi Meta-Sintesis).” Jurnal Kariman 8 (2020).
Ilham, Reynaldi et al. “Pemanfaatan Komunikasi Modern Di Era Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Taman Banten Lestari.” In Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.
Jamaludin. “Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” Jurnal UM Palembang, 2016.
Jelius, C. Kreativitas Bagaimana Menanam, Membangun Dan Mengembangkannya. Yogyakarta: Canensius, 1994.
Karim, A. “Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran.” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 1 (2018).
Liana Wati, N. “Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Blended Learning Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3 (2018).
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Mukhlison, Efendi. “Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7 (2013).
Munasti, K., S. Surahman, and Hibana. “Penggunaan Mind Mapping Sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak Di Masa Pandemi.” Aulad: Journal on Early Childhood 4 (2021).
Perni, N.N. “Ni Nyoman Perni, Kompetensi Pedagogik Sebagai Indikator Guru Profesional.” Jurnal Pendidikan 4 (2019).
Putri Rahayu, A. “Penggunaan Mind Mapping Dari Perspektif Tony Buzan Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Paradigma 11 (2021).
Putri Ramadhani, S. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Mind Mapping Di SDN Manggarai 17 Pagi Tentang Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2018).
Rahmawati, Yulia Z. “Strategi Mnemonic Dengan Menggunakan Kartu Make A Match pada Materi Trigonometri.” Menara Ilmu XIII (2019).
Safitri, D. “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Balangan.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2016).
Sayekti, I.C. “Analisis Hakikat IPA Pada Buku Siswa Kela IV SUB Tema I Tema 3 Kurikulum 2013.” Profesi Pendidikan Dasar 1 (2019).
Suryana. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba, 2003.
Syam, N., and R. Ramlah. “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare.” Publikasi Pendidikan 5, no. 3 (2015).
Tabrani. Proses Kreasi Gambar Anak Proses Belajar. Jakarta: Erlangga, 2014.
Tataq Yuli Eko, S. “Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing).” In Konferensi Nasional Matematika XII. Denpasar: Universitas Udayana, 2004.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.