Peran Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

Noviana Oktavia, Agus Purwowidodo

Abstract


Upaya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 perlu terbentuknya karakter generasi muda-mudi yang baik. Penumbuhan sikap moderasi beragama merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menciptakan generasi yang mampu bersaing di kancah dunia. Penumbuhan sikap moderasi beragama perlu pendampingan oleh guru, sehingga guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan peran guru dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin runyam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif yang menggali informasi-informasi secara mendalam. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Analisis data dilakukan dengan model kondensasi data yang dilakukan bersama-sama pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa MI Manba’ul ‘Ulum sudah mengetahui konsep moderasi beragama secara umum. Pada praktiknya, sikap moderasi beragama sudah sangat diterapkan di madrasah ini. Penerapan sikap moderasi beragama dilakukan oleh siswa melalui pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan membaca surat Al-Waqi’ah setiap pagi, pembelajaran P5, dan pada pendekatan-pendekatan secara personal kepada siswa, kajian yang disampaikan oleh mubaligh, pembiasaan untuk selalu mengajarkan sikap minta maaf setelah melakukan kesalahan, dan memberikan pengertian-pengertian dasar terhadap semua agama yang ada di Indonesia.


Keywords


Peran Guru, Moderasi Beragama, Siswa

Full Text:

PDF

References


Abror, Mhd. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam Dan Keberagaman.” Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.35961/rsd.v1vi2i.174.

Aditiya Wangsanata, Susana, and Soim Hasani. “Wawasan: Penanaman Moderasi Beragama Bagi Siswa Sekolah Dasar Menuju Indonesia Bebas Criminal Terrorism Pada Tahun 2045.” Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta 3 (2022).

Alkhasanah, Nuraini, Darsinah, and Ernawati. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (May 15, 2023). https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271.

Anzaikhan, M., Fitri Idani, and Muliani Muliani. “Moderasi Beragama Sebagai Pemersatu Bangsa Serta Perannya Dalam Perguruan Tinggi.” Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama 3, no. 1 (March 30, 2023). https://doi.org/10.22373/arj.v3i1.16088.

Buchari, Agustini. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra 12 (2018).

Datunsolang, Rinaldi, Firman Sidik, and Alfian Erwinsyah. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri.” EDUCATOR (Directory Of Elementary Education Journal) 2, no. 2 (December 21, 2021). https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.159.

Echols, John M., and Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2009.

Fathurrohman, M. “Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” 04, no. 01 (2016).

Hulu, Yuniman. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa.” Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2021): 18–23.

Kiki Yestiani, Dea, and Nabila Zahwa. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4, 2020.

Luqmanul Hakim Habibie, M, Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, and Anggoro Sugeng. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Moderasi Beragama. Vol. 01, 2021.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.

Minsih, Minsih, and Aninda Galih D. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 1 (July 31, 2018): 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144.

Mokoginta, Huju. “Penanaman Nilai Moderasi Beragama Siswa Mts N 2 Kotamobagu Melalui Simbol Agama, Konten Moderat Dan Relasi Sosial.” Journal of Islamic Education Policy 7, no. 1 (2022).

Mustadjab, Dedy. “Madrasah Di Era Industri 4.0: Peran Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Religiusitas Dan Moderasi Beragama.” ACoMT, 2019.

Ni Made Sukrawati, and Ni Kadek Ayu Kristini Putri. “Moderasi Beragama Untuk Meningkatkan Toleransi Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 23 (2023).

Palunga, Rina, and Marzuki. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman.” Jurnal Pendidikan Karakter 1 (2017).

Raghib al Asfahani. Mufradât Alfâzh al Qur’ân. Damaskus: Dar al-Qalam, 1995.

Rukhani, Siti. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII.” Al-Athfal 1, no. 1 (2021).

Sutrisno, Edy, and Kabupaten Malang. “Actualization of Religion Moderation in Education Institutions.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 1 (2019).

Zahdi, and Iqrima. “Implementasi Moderasi Beragama Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di Mushola Nur Ahmad.” Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama 01 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.