Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Al Akbar

Dwi Salbiyah, Agus Purwowidodo

Abstract


Pendidikan karakter merupakan suatu proses penanaman nilai-nilai karakter peserta didik melalui pemahaman dan pelaksanaan. Penanaman nilai karakter merupakan suatu cara untuk menumbuhkan peserta didik yang mempunyai sikap baik. Penanaman nilai karakter perlu pendampingan oleh guru dan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah peserta didik dapat menjadikan seseorang yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDIT Al Akbar. Sumber peneliti yang digunakan ada 3 yaitu person, place dan paper. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan yaitu: indepth interview, participant observation dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini bawasanya Implementasi pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila di SDIT Al Akbar sudah diterapkan. Lima indikator yang paling utama presentasenya adalah akhlak beragama, dimana lembaga tersebut memiliki pembiasaan agama yang tertata, selain itu ada kegiatan penerapan sekolah sak ngajine baik dalam kegiatan BTQ, pembiasaan yasin tahlil, kultum dan lain lain. Penerapan dimensi tersebut dapat mencetak peserta didik berkarakter religius dan nasioanalisme.


Keywords


Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Nilai

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Kebijakan Public, Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2017.

Hendri. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: Simbiosa Rakatama Media, 2013.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Natalya Tirsa Mokorowu, Deitje A.Katuuk, Deysti T. Tarusu, and Richard D. H. Pangkey. “Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Tombatu.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 4 (December 30, 2023). https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7314.

Osada, Takashi. Sikap Kerja 5S. Jakarta: PPM, 2002.

Rahayuningsih, Fajar. “Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 1, no. Desember (2021).

Rusmana, Adistia Oktafiani. “Penerapan Pendidikan Karakter Di SD. ”Jurnal Universitas Esa Unggul 4 (2019).

Rusnaini, Rusnaini, Raharjo Raharjo, Anis Suryaningsih, and Widya Noventari. “Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa.” Jurnal Ketahanan Nasional 27, no. 2 (October 6, 2021). https://doi.org/10.22146/jkn.67613.

Santika, Rani, and Febrina Dafit. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 6 (November 28, 2023). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kaualitatif. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sulastri, Sulastri, Syahril Syahril, Nelfia Adi, and Ermita Ermita. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Di Sekolah Dasar.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7, no. 3 (September 5, 2022). https://doi.org/10.29210/30032075000.

Suryaningsih, Marlina Rizky, and Anatri Desstya. “Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 9, no. 1 (2015).

Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.

Uli Eva Christina Aritonang, Dame, Mayang Savira, Lesnaria Br Girsang, Natalia Simarmata, and Kristiawan Indriyanto. “Membangun Karakter Melalui Kesantunan Berbahasa Pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Medan.” Literasi 7 (April 2023).

Wislita, Welda, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 7, no. 4 (December 4, 2023). https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69683.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.