Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di Madrasah Ibtidaiyah

Rahmat Taufiqi Hidayat, Agus Purwowidodo

Abstract


Kontruksi pendidikan karakter yang terbentuk melalui pembiasaan sholat Dhuha pada pendidikan dasar memiliki fungsi dalam membangun kesadaran setiap siswa untuk bersikap religius, disiplin ,jujur dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untutk Menganalisis peran pembiasaan sholat Dhuha dalam membentuk karakter religius. Adanya pembiasaan sholat Dhuha tersebut mengajarkan bahwa pentingnya sifat religious bertujuan untuk membangun kepribadian yang sesuai dengan tujuan ajaran agama Islam, sifat disiplin membantu membiasakan siswa tepat waktu dalam menuntut ilmu dan, sikap jujur menjadikan siswa untuk terbiasa dalam menjaga amanah, serta sikap tanggung jawab dapat menguatkan kemampuan nebajemen diri, bekerjasama, serts orientasi dalam tim dan  selalu belajar. Penulisan artikel ini menggunakan metode Library Researh dengan menggunakan literature-literature yang sesuai dengan judul yang akan dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan Sholat dhuha yang dilaksanakan oleh siswa membuktikan hasil adanya pengaruh antara pembiasaan Sholat dhuha dengan karakter para siswa. Sholat dhuha memiliki banyak manfaat serta nikmat bagi manusia. Oleh sebab itu Rasulullah sangat menganjurkan ummatnya untuk rutin melaksanakan Sholat dhuha, sebab banyak keistimewaan-keistimewaan yang datang dari Sholat dhuha. Karakter yang religius memang sudah seharusnya ditanamkan kedalam diri seorang anak sejak dini, mulai dari lingkup keluarga, sekolah juga lingkungan. Membuat kebiasaan yang baik akan memberikan efek jangka panjang dalam diri anak. Usia sekolah dasar termasuk masa-masa di mana anak akan mudah mengikuti orang-orang disekitarnya.


Keywords


Kesadaran Keberagamaan, Karakter Siswa, Sholat Dhuha

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Masykuri, And Mokh. Syaiful Bakhri. Kupas Tuntas Sholat Tata Cara Dan Hikmahnya. Jakarta: Erlangga, 2006.

Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, No. 1 (July 1, 2019). Https://Doi.Org/10.24176/Jpp.V2i1.4312.

Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, No. 1 (2013).

Alkhasanah, Nuraini, Darsinah, And Ernawati. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sd.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, No. 2 (May 15, 2023). Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V10i2.1271.

Amran, Haidar. “Pembiasaan Sholat Dhuha Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Pada Siswa.” Jurnal J-Bkpi 3, No. 2 (2023).

Andayani, Atika, And Zaini Dahlan. “Konstruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Sholat Dhuha.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 7, No. 2 (2015).

Choli, Ifham. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Alrisalah 1 (2019).

Darajat, Zaqiyah. Membina Nilai-Nilai Moral Di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Fadlillah, Muhammad, And Lilif Mualifatu Khorida. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Arruzz Media, 2013.

Khulailah, Khulailah, And Ismail Marzuki. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Program Membaca Al – Qur’an Dan Sholat Dhuha Di Upt Sd Negeri 71 Gresik.” Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 10, No. 2 (February 23, 2023). Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i2.807.

Mahfani, M. Khalilurrahman Al. Berkah Sholat Dhuha. Jakarta: Wahyu Media, 2008.

Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter V (2015).

Mufarokah, Anissatul. Implementasi Kebijakan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Sekolah Menengah Pertama. Tulungagung: Acima Publishing, 2012.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Mz, Labib. Pilihan Sholat Terlengkap Disertai Do’a, Dzikir, Dan Wirid Serta Hikmahnya. Surabaya: Bintang Usaha Jaya, 2005.

Nasrudin, Ega. “Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sma Negeri 3 Bandung.” Jurnal Pendidikan Karakter 14 (2023).

Nur Indah Sari, Luluk, Anisa Dian Andini, Aulia Sari, Mochammad Haris, And Eko Nursalim Sekolah Tinggi Agama. “Pembiasaan Sholat Berjamaah Sebagai Penguatan Karakter Religius.” Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 1 (2022).

Rini. “Penanaman Karakter Religious Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha.” Journal Of Innovation In Teaching And Instructional Media 1, No. 2 (2021).

Salim, Ahmad Baduewilan Bin. Misteri Pengobatan Dalam Sholat. Jakarta: Mirqat Publishing, 2008.

Saputra, Febria. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Sholat Duha Dan Sholat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong.” Ẽl-Midad : Jurnal PGMI 12, no. 1 (2020).

Wahyudin, Ahmad. “Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Sholat Dzuhur Berjamaah Bagi Peserta Didik Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bojonegara.” DESANTA: Indonesian of Interdiciplanary Journal 3 (2022).

Wajdi, Firdaus. Sholat Sunnah Favorit Nabi. Jakarta: Alifbata, 2006.

Zahroh, Rifatus Sholikhah. “Internalisasi Nilai Karakter Religius Melalui Sholat Dhuha Bagi Anak Usia Dini Di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.” Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia 1, no. 2 (2022).

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Ponorogo: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.