Peran Guru Inovator pada Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Kelas V di MIN 5 Nganjuk
Abstract
Kebijakan Merdeka Belajar adalah memberikan kemerdekaan kepada setiap satuan pendidikan untuk melakukan inovasi. Pada hakekatnya, Merdeka Belajar hadir untuk menggali potensi yang ada pada guru, sekolah dan peserta didik untuk berinovasi dalam meningkatkan kualitas secara mandiri. Mandiri bukan hanya mengikuti proses birokrasi pendidikan yang sudah ada, tetapi yang sangat diperlukan adalah kegiatan untuk berinovasi. Guru dan peserta didik diberi kebebasan untuk mengakses ilmu pengetahuan, serta metode pembelajaran yang berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai inovator dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka untuk mengembangkan kreativitas peserta didik kelas V di MIN 5 Nganju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus (Field research). Lokasi penelitian ini dilakukan di MIN 5 Nganjuk. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu (Person), (Place) dan, (Paper). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa guru sudah berperan sebagai innovator dalam pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka ini. Hal ini terlihat dari guru yang berperan aktif terhadap perubahan dan pembaharuan dengan cara mengikuti kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, Siti, and Mukh Nursikin. “Tugas Guru Di Kelas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Islam.” Journal on Education 5, no. 4 (2023).
Aprilia, Maisy, and Dea Mustika. “Implementation of the Teacher’s Role in Implementing the Kurikulum Merdeka in Elementary School.” Inovasi Kurikulum 21, no. 2 (May 30, 2024). https://doi.org/10.17509/jik.v21i2.67106.
Daud, Afrianto, Ando Fahda Aulia, and Nita Ramayanti. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran: Upaya Untuk Beradaptasi Dengan Tantangan Era Digital Dan Revolusi Industri 4.0.” Unri Conference Series: Community Engagement 1 (October 11, 2019). https://doi.org/10.31258/unricsce.1.449-455.
Dewi, Radeni Sukma Indra, and Mudrikah Mudrikah. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di SDN 1 Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 2 (May 4, 2023). https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.327.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Hartanto, Rudi. Mendeteksi Guru Bergairah Di Era Milenial. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2019.
Hartatik, Sari. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm)Melalui In House Training (IHT) Di SDN Tlekung 02 Kota Batu.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH) 1, no. 4 (2022).
Hermawan, Hendy. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya, 2006.
Kholisoh. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di SD.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series 5, no. 2 (2022).
Maulida, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi 5, no. 2 (2022).
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: SAGE Publications, 2013.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2021.
Patoni, Achmad. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bina Ilmu, 2004.
Rofiqi, Ainur. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menuju Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Karakter 14, no. 2 (2023).
Salim, and Syahrum. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka, 2012.
Sari, Anggia Murni Fajar, Siti Istiyati, and Anesa Surya. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 11, no. 2 (December 6, 2023). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2.79135.
Siyoto, Sandu, and M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Tolkhah, Imam, and Ahmad Barizi. Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi Dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
Ulandari, Sukma, and Desinta Dwi Rapita. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 8, no. 2 (April 28, 2023). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309.
Widihastutik, Hajar, Suwarti, and Alief Waliyati. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di TK ABA Ngoro-Oro.” Jurnal Pendidikan Anak 12, no. 2 (2023).
Wiyani, Novan Ardy. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Lembaga Paud.” Jurnal Pendidikan Anak 10, no. 1 (2023). https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.57879.
Zubaedi. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD Dan Sekolah). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.3661
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.