Peran Guru Sebagai Edukator dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik di SD/MI
Abstract
Pendidikan merupakan usaha untuk mewujudkan suatu pembelajaran untuk mengembangkan potensi peserta didik. Karakter merupakan watak yang ada pada pribadi seseorang. Jadi, karakter religius merupakan sikap atau perilaku seseorang yang didasari iman dan takwa yang berlandaskan al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai edukator dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode Library Research menelaah literature yang berkaitan dengan judul. Karakter religius peserta didik harus ditanamkan sejak kecil, karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka juga harus diimbangi dengan karakter religius. Peran guru sebagai edukator dalam penanaman karakter religius ini cukup besar terutama yang berkaitan dengan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Perencanaan penanaman karakter religius ini dimulai dari visi misi suatu lembaga itu sendiri dan juga tujuan pendidikan yang disinkronkan dengan tujuan pembelajaran di dalam kelas. Pelaksanaan di dalam kelas dapat melalui metode keteladanan, metode nasehat, dan sebagainya sedangkan penanaman karakter religius di luar kelas salah satunya dengan pembiasaan mengucapkan salam, berdo’a, sholat dhuha dan duhur berjama’ah dan lain sebagainya. Evaluasi penanaman karakter religius dapat dilakukan melalui observasi dan penilaian sikap religius peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Nisa Qurrotul. “Implementasi Pendidikan Karakter Nilai Religius Aspek Ibadah Pada Siswa Kelas Rendah SDIT Salsabila 5.” BASIC EDUCATION 7, no. 28 (November 5, 2018).
Arthur, James. Education with Character: The Moral Economy of Schooling. New York: Routledge, 2002.
Bachruddin, Rizal, Astuti Darmiyanti, and Ferianto. “Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Di SDN Pasirkamuniung I.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 6, no. 2 (April 23, 2023). https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.525.
Darmalaksana, Wahyudin. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Bandung: Pre-Print Digital Library, 2020.
Datunsolang, Rinaldi, Firman Sidik, and Alfian Erwinsyah. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri.” EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) 2, no. 2 (December 21, 2021). https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.159.
Hariandi, Ahmad, and Yanda Irawan. “Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Religius Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 1, no. 1 (June 10, 2016). https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097.
Hilmiati, Hilmiati, and Febria Saputra. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong.” El Midad: Jurnal Jurusan PGMI 12, no. 1 (August 26, 2020). https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.2506.
Hulu, Yuniman. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa.” JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 4, no. 1 (April 25, 2021). https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23.
Kasiram. Kapita Selekta Pendidikan. Malang: IAIN Malang, 2004.
Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.
Lickona, Thomas. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responbility. New York: Bantam Books, 1992.
Life, JIST. Young Person’s Character Education Handbook. Jist Works, 2006.
Mashari, Ali, Ahmad Tohir, and Husna Farhana. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN 5, no. 3 (December 26, 2019). https://doi.org/10.2503/ajp.v5i3.33.
Minsih, Minsih, and Aninda Galih D. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 1 (July 31, 2018). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144.
Nasrudin, Ega, Muhammad Kurnia Sandi, Muhammad Iqbal Rahmat Alfian, and Agus Fakhruddin. “Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan Di SMA Negeri 3 Bandung.” Jurnal Pendidikan Karakter 14, no. 1 (April 27, 2023). https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.55288.
Puspitasari, Novi, Linda Relistian R, and Reonaldi Yusuf. “Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (July 13, 2022). https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565.
Sari, Luluk Nur Indah, Anisa Dian Andini, Aulia Sari, Sulis, Mochammad Haris, and Eko Nursalim. “Pembiasaan Sholat Berjamaah Sebagai Penguatan Karakter Religius.” An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 2 (October 10, 2022). https://doi.org/10.62196/nfs.v1i2.30.
Siti Robe’ah, Iis, and Siswan To. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Ramah Anak Di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, no. 02 (July 29, 2021). https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.03.
Sukardjo, M. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Syalhub, Fuad Bin abdul Aziz asy-. Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Rasulullah. Jakarta: Darul Haq, 2009.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.3663
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.