Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase B dengan Tema Tari Nusantara dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dan dampaknya kepada peserta didik. Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam kehidupan sehari-hari yang hidup dalam diri setiap peserta didik melalui budaya sekolah melalui pembelajaran dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penelitian lapangan. Penelitian ini berparadigma post positivistik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru pengajar kelas IV yang telah melaksanakan kurikulum merdeka dalam pembelajaran, dan 2 peserta didik kelas IV sebagai peserta kegiatan P5, observasi partsipatif kegiatan P5 di SDI Bayanul Azhar dan studi dokumentasi. Dalam penerapan kurikulum merdeka, peserta didik mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam model mingguan dan bulanan, juga per semester. Pelaksanaan kegiatan P5 merupakan salah satu kegiatan projek krikulum merdeka. Kegiatan yang dilaksanakan di SDI Bayanul Azhar bernamakan kegiatan Panen Karya dengan tema “Tari Nusantara”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almulla, Mohammed Abdullatif. “The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning.” Sage Open 10, no. 3 (July 2020). https://doi.org/10.1177/2158244020938702.
Creswell, John W, and J David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, 2014.
Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, and Septionita Suryaningsih. “Analisis Kegiatan P5 Di SMA Negeri 4 Kota Tangerang Sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, no. 2 (June 14, 2022). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578.
Dincă, Melinda, Anca Luştrea, Mariana Craşovan, Atalia Oniţiu, and Trond Berge. “Students’ Perspectives on Team Dynamics in Project-Based Virtual Learning.” Sage Open 13, no. 1 (January 2023). https://doi.org/10.1177/21582440221147269.
Elviana, Premita Sari. “Pembentukan Sikap Mandiri Dan Tanggung Jawab Melalui Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 5, no. 2 (October 30, 2017). https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1643.
Hamzah, Mohamad Rifqi, Yuniar Mujiwati, Intan Mazidha Khamdi, M. Ibnu Usman, and M. Zainal Abidin. “Proyek Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik.” JURNAL JENDELA PENDIDIKAN 2, no. 04 (November 20, 2022). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Martati, Badruli. “Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” PROCEEDINGS Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD, 2022. https://ditpsd.kemdikbud.go.id.
Mertens, Donna M. Research and Evaluation in Education and Psychology_ Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. California: Sage Publications, 2009.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: SAGE Publications, 2013.
Murniarti, Erni. “Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Universitas Negeri Malang 3 (2021).
Pratiwi, Sinta Yulis, and Lailatul Usriyah. “Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.” AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI 1, no. 2 (December 27, 2020). https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i2.55.
Purnawanto, Ahmad Teguh. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pedagogy 21, no. 1 (2022).
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 22, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (June 7, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Ristiani, Elsa, M. Yusuf Setia Wardana, and Iin Purnamasari. “Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Pada Film G30S/PKI Untuk Anak Sekolah Dasar.” Pena Edukasia 1, no. 1 (November 20, 2022). https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.6.
Rizal, Yenni, Modestus Deovany, and Ayu Siti Andini. “Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 9, no. 1 (June 25, 2022). https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699.
Rosmana, Primanita Sholihah, Sofyan Iskandar, Farihah Ayuni, Faiza Zalfa Hafizha, Pingkan Fireli, and Ranisa Devi. “Kesiapan Sekolah Dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (May 19, 2023). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/709.
Rusnaini, Rusnaini, Raharjo Raharjo, Anis Suryaningsih, and Widya Noventari. “Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa.” Jurnal Ketahanan Nasional 27, no. 2 (October 6, 2021). https://doi.org/10.22146/jkn.67613.
Santika, Rani, and Febrina Dafit. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 6 (November 28, 2023). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611.
Sari, Indra Kartika, Ade Pifianti, and Chairunissa Chairunissa. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 13, no. 2 (May 26, 2023). https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p138-147.
Sri Kis Untari. “Implementasi Pembelajaran Diferensiensi Pada Kegiatan, Ko-Kulikuler/P5 Dan Ekstrakulikuler Strategi Vianestik.” Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (March 27, 2023). https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7111.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.
Sulistiyaningrum, Tri, and Moh Fathurrahman. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang.” Jurnal Profesi Keguruan 9, no. 2 (May 22, 2023). https://doi.org/10.15294/jpk.v9i2.42318.
Suryaman, Maman. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.” Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 2020.
Totti, Nichollas Bernard Steven Julian, Aisyah Nurul Isnaeni, Aulia Dita Ramadhani, and Trimurtini. “Implementasi Model Pjbl Dalam Materi Geometri Kelas Vi Sd Berbasis Teori Van Hiele.” Jurnal Cerdas Proklamator 11, no. 1 (June 28, 2023). https://cerdas.bunghatta.ac.id/index.php/jcp/article/view/162.
Wiguna, I. Komang Wahyu, and Made Adi Nugraha Tristaningrat. “Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (March 1, 2022). https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.
Wijayanti, Palupi Sri, Fitri Jamilah, Tri Ratna Herawati, and Rika Novita Kusumaningrum. “Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA.” ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (January 31, 2022).
Wika Hardika Legiani, Siti Rohmah, Siti Mita Mutaminah, Sera Nurlita, and Ilwan Aliansah. “Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 9 Kota Serang.” Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1, no. 4 (November 13, 2023). https://doi.org/10.59061/guruku.v1i4.509.
Wislita, Welda, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 7, no. 4 (December 4, 2023). https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69683.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.3665
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.