Strategi Guru dalam Menguatkan Sikap Religius Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Religius perlu dibentuk dan ditingkatkan dengan baik untuk tercapainya tujuan menciptakan generasi yang cerdas dan bertaqwa. Religius tidak hanya berpengaruh pada sikap taat pada agamanya tetapi juga memperbaiki karakter dan moral peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas strategi yang diterapkan dalam membentuk karakter religius peserta didik, serta menggali berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara mendalam, dan observasi partisipatif. Analisis data yang dipakai adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk strategi guru dalam penguatan karakter religius peserta didik kesantunan meliputi: a) membiasakan mengucapkan salam kepada guru, b) Membiasakan 3 S Melalui kegiatan S3 (Senyum, Sapa, Salam) diharapkan mampu membentuk nilai-nilai karakter peserta didik yang berbudi luhur dalam kehidupan sehari-hari, c) membiasakan menyapa jika, d) membiasakan berbicara dengan menggunakan bahasa jawa krama ketika berinteraksi, kegiatan, e) mendisiplinkan sholat, f) pelaksanaan jum’at berkah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Choli, Ifham. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Alrisalah 1 (2019).
Fathurrohman, Muhammad. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia, 2016.
———. “Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” IAIN Tulungagung Research Collections 4, no. 1 (2016). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.19-42.
Lickona, Thomas. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responbility. New York: Bantam Books, 1992.
Mar, Amir B. Qualitative Research in Sociology. New Dhelhi: SAGE Publications, 2003.
Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter V (2015).
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: SAGE Publications, 2013.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2021.
Puspitasari, Novi, Linda Relistian R, and Reonaldi Yusuf. “Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (July 13, 2022). https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565.
Saputra, Febria. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Sholat Duha Dan Sholat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong.” Ẽl-Midad : Jurnal PGMI 12, no. 1 (2020).
Sari, Luluk Nur Indah, Anisa Dian Andini, Aulia Sari, Sulis, Mochammad Haris, and Eko Nursalim. “Pembiasaan Sholat Berjamaah Sebagai Penguatan Karakter Religius.” An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 2 (October 10, 2022). https://doi.org/10.62196/nfs.v1i2.30.
Shodiq, Akhmad. Prophetic Character Building. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2018.
Solihat, Dewi, Astuti Darmiyanti, and Ferianto Ferianto. “Penerapan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan Di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 21, no. 2 (December 30, 2022). https://doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2778.
Syarifah, Siti. “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 3, no. 4 (2023).
Umikyar, Titing. “Pembiasaan Sholat Dhuha sebagai Pembentukan Karakter Religius Siswa di MTs Ahmad Yani Jabung Malang.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 4 (June 19, 2021). http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6204.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.3666
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.