Konsep Pembelajaran Howard Garden dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu indikator perkembangan suatu negara dan penting bagi perkembangan individu sesuai dengan tuntutan global. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran di Indonesia masih perlu ditingkatkan, terutama di tingkat MI. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pendidik dalam proses pembelajaran, terutama dalam memperhatikan aspek internal peserta didik, seperti kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Setiap peserta didik memiliki karakter kecerdasan yang berbeda, dan penting bagi pendidik untuk memahami perbedaan tersebut. Konsep pembelajaran Howard Garden tentang multiple intelligence menjadi salah satu alternatif dalam merencanakan dan mendesain pembelajaran di MI. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pembelajaran Howard Garden yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dapat difokuskan pada pengembangan potensi peserta didik secara tepat sasaran. Artikel ini menggunakan metode Library Research, yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Pendidik dapat lebih memahami konsep pembelajaran Howard Garden dalam konteks pembelajaran IPS di MI. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang konsep ini, diharapkan pendidik dapat mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif dan relevan bagi peserta didik di MI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogia 1, no. 1 (2011).
Campbell, Linda, Bruce Campbell, and Dee Dickinson. Melesatkan Kecerdasa. Jakarta: Inisiasi Press, 2002.
Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesi. Bandung: Kaifa, 2011.
Choli, Ifham. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Alrisalah 1 (2019).
Fadlillah, Muhammad, and Lilif Mualifatu Khorida. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Firdaus, Aulia, Lulu Choirun Nisa, and Nadhifah Nadhifah. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 10, no. 1 (June 19, 2019). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822.
Indria, Anita. “Multiple Intelligence.” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat 3, no. 1 (2020).
Jasmine, Julia. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia, 2012.
Listyaatmadja, Andhini Octa. “Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Multiple Di TK An Nur I Kembang, Sleman.” Jurnal Pendidikan 8 (2013).
Maulida, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi 5, no. 2 (2022).
Muhaimin. Manajemen Pendidikan: Aplikasi Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009.
Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Putri, Resa Julianti, Taopik Rahman, and Qonita Qonita. “Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences Untuk Menyiapkan Siswa Di Era Super Smart Society 5.0.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 3 (May 4, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.415.
Putri, Willa. “Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2018).
Rahayu, Arum Putri. “Penggunaan Mind Mapping Dari Perspektif Tony Buzan Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Paradigma 11, no. 1 (2021).
Rusmana, Adistia Oktafiani. “Penerapan Pendidikan Karakter Di SD.” Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (July 2, 2019). https://doi.org/10.47007/edu.v4i2.2734.
Setyawati, Lilis. “Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 6, no. 2 (2019).
Sukitman, Tri. “Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar.” LIKHITAPRAJNA: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 18, no. 1 (2020).
Sundari, Fitri Siti. “Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 13, no. 01 (May 18, 2022). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/27061.
Surahman, Mukminan Edy. “Peran Guru Ips Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Peserta Didik SMP.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 4, no. 1 (March 2017).
Syaikhu, Ach. “Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (December 16, 2020). https://doi.org/10.36835/au.v2i2.416.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013( Kurikulum Tematik Integratif). Jakarta: Kencana Prenada Media, 2014.
Uno, Hamzah B., and Abd Rahman K. Ma’ruf. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website Untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 18, no. 3 (December 1, 2016). https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5372.
Zed, Mestika. Metode Penellitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.3669
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.