Defragmentasi Struktur Berfikir Siswa dalam Kesalahan Membaca Soal Matematika Luas Persegi dan Persegi Panjang di Sekolah Dasar

Ivo Retna Wardani, Agus Purwowidodo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk penyelesaian masalah dalam pembelajaran matematika tidak dapat dipisahkan, hal ini dikarenakan dalam proses penyelesaian masalah melibatkan beberapa kemampuan, sebagaimana terdapat dalam tujuan pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan paradigma kontrutivisme untuk menemukan dan menggambarkan secara naratif kegiatan yang dilakukan serta dampak dari tindakan yang dilakukan Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pada tahap mengingat siswa mampu menguraikan informasi yang ada di dalam soal, namun dalam hal ini siswa mengalami kesalahan dalam menetapkan rumus dan apa yang ditanyakan dalam soal. sehingga dalam hal ini siswa belum memenuhi tahap mengingat dan mengidentifikasi dengan sempurna. Hal serupa terjadi pada tahap menerapkan dan menganalisis sampai pada tahap mengevaluasi. Sehingga siswa memerlukan defragmentasi struktur berfikir dalam memperbaiki kesalahan. Melalui defragmentasi struktur berfikir ini siswa mampu menata ulang struktur berpikirnya. Hal ini dibuktikan dengan lengkapya hasil tes yang menunjukkan lengkapnya struktur berfikir siswa mulai dari tahap mengingat, menafsirkan, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi.


Keywords


Defragmentasi, Struktur Berpikir, Kesalahan Membaca

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W., and David R. Krathwohl. A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing a Revision of Bloom`s Taxonomy of Educational Objetives. New York: Longman, 2001.

Asdarina, Orin, and Masriyah Ridha. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri.” Numeracy 7, no. 2 (November 10, 2020). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167.

Clements, M. A. Analyzing Childern’s Error on Whirtten Mathematical Tasks, 1983.

Damayanti, Puspita Ayu, Subanji Subanji, and Sukoriyanto Sukoriyanto. “Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Geometri.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5, no. 3 (March 9, 2020). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13239.

Hadi, Heri Sopian. “Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Kesalahan Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Teori Newman.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022.

Hidayanto, Taufiq, Subanji, and Erry Hidayanto. “Deskripsi Kesalahan Struktur Berfikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalahan Geometri Serta Defragmentingnya: Suatu Studi Kasus.” Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika 1, no. 1 (2017).

Mar, Amir B. Qualitative Research in Sociology. New Dhelhi: Sage Publication, 2003.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.

Nasrullah. “Struktur Berpikir Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Berbasis Konteks.” STRUKTUR 1 (2022).

Newman, M. A. “An Analysis of Sixth-Grade Pupils’ Error on Written Mathematical Tasks.” Jurnal Victorian Institude for Education Research Bullatin 39 (1997).

Sakif, S. “Defragmenting Proses Berpikir Melalui Pemetaan Kognitif Untuk Memperbaiki Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar.” Universitas Negeri Malang, 2014.

Setiawan, Albi Anggito, and Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Jejak, 2018.

Supiarmo, M. Gunawan, Liny Mardhiyatirrahmah, and Turmudi Turmudi. “Pemberian Scaffolding Untuk Memperbaiki Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (March 8, 2021). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.516.

Wahab, Abdul, Muhammad Ahsan, and Zulfiqar Busrah. “Defragmenting Struktur Berpikir Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pemetaan Kognitif Berbasis Polya Pada Soal Pisa.” Jmli 1, no. 1 (2022).

Wibawa, Kadek Adi, Toto Nusantara, Subanji Subanji, and I Nengah Parta. “Fragmentation of Thinking Structure’s Students to Solving the Problem of Application Definite Integral in Area.” International Education Studies 10, no. 5 (April 29, 2017). https://doi.org/10.5539/ies.v10n5p48.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.