Implementasi Pendekatan Sosiologi Terhadap Pembentukan Tingkah Laku Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membangun karakter dan perilaku yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan sosiologi terhadap pembentukan tingkah laku siswa sekolah dasar. Ruang lingkup penelitian ini berfokus pada siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa informasi hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara. Adapun teknik pengumpulan data pada wawancara yaitu dengan cara mendeskripsikan hasil wawancara dalam bentuk uraian. Peneliti menggunakan teknik analisis data teori Milles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan simpulan data. Lokasi penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Bandung, dengan melibatkan satu orang guru sebagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sosiologi dapat berguna sebagai alat dalam mengidentifikasi permasalahan mengenai tingkah laku siswa di sekolah. Hal tersebut berguna bagi guru agar dapat mencari solusi dari permasalahan tingkah laku siswa di sekolah. Dengan pendekatan sosiologi seorang guru dapat melakukan penelusuran dalam mengenali tingkah laku siswa secara rinci.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisel, Ardianti Y Putri, Anisa Yusilafita, Relly S P Utarianti, and Suryati, ‘Implementasi Pendekatan Sosiologi Pada Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3) (2023).
Asmarita, Yuline, and Ana Fergina, ‘Studi Tentang Perilaku Buruk Pada Peserta Didik Vi Sdit Wisata Hasanah Pontianak’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12.5 (2023), <https://doi.org/10.26418/jppk.v12i5.65160>
Astuti, Mardiah, Adinda Putri Ramadhanty, Nadila Puti Andini, Widiya Lestari, and Fitri Yanalia, ‘Perubahan Prilaku Dan Psikologi Siswa Di MIN 1 Palembang Behavior and Psychology Changes of Students at MIN 1 Palembang’, Jurnal Kolaboratif Sains, 6.10 (2023), <https://doi.org/10.56338/jks.v6i10.4218>
Dahniar, ‘Pendekatan Sosiologi Dalam Studi Islam’, JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16.2 (2022), <https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i2.50>
Diniaty, Amirah, ‘Perbedaan Penanganan Perilaku Siswa Yang Mengganggu Dalam Proses Pembelajaran Klasikal Sekolah Menengaholeh Guru Laki-Laki Dan Perempuan’, Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 15.2 (2016), <https://doi.org/10.24014/marwah.v15i2.2645>
Gularso, Dhiniaty, and Mita Indrianawati, ‘Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An’, 6.1 (2022).
Hasni, Fauziah, and Kambali Kambali, ‘Studi Islam Dalam Pendekatan Sosiologi’, Jurnal Sosial Dan Sains, 3.6 (2023), <https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.816>
Ira, Maulana, ‘Urgensi Pendekatan Sosiologis Dalam Studi Islam’, Journal of Legal and Cultural Analytics (JLCA), 1.2 (2022).
Koyimah, Husnul, Lailatul Hidayah, and Miftakhul Huda, ‘Pembentukan Perilaku Dan Pola Pendidikan Karakter Dalam Cerpen Rumpelstiltskin Karya Saviour Pirrotta Dan Enam Serdadu Karya Brothers Grimm’, Jurnal Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI), 293 (2018).
Lubis, L A, T Aina, M Alfarisi, R Prayudha, and ..., ‘Sosiologi Pendidikan Dalam Membentuk Karakter (Sudut Pandang Islam)’, Jurnal Pendidikan …, 7 (2023).
Martina, Y, and D Hermon, ‘Urgensi Pembelajaran Sosiologi Dalam Memperkuat Nilai-Nilai Karakter Siswa’, Jurnal Homepage: Https://Doi. Org/10.29210 …, 7.4 (2022).
Miles, Matthew, Michael Huberman, and Johny Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (USA, 2014)
Nur Auliah Kurniawati, Fitria, and Asep Rudi Nurjaman, ‘Analisis Permasalahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Panggilingan 02 Dalam Melaksanakan Pembelajaran’, Dirasah, 6.2 (2023).
Nurfirdaus, Nunu, and Atang Sutisna, ‘Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa’, NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.2b (2021). <https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219>
Prigantini, Rona Dewi, and Kusmajid Abdullah, ‘Perubahan Perilaku Belajar Dan Psikologis Siswa Saat Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Cakrawala Pendas, 8.4 (2022).
Putri, V A, A Arief, and R Rehani, ‘Pembentukan Perilaku Keagamaan Peserta Didik Di SMPN 30 Padang’, AT-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan …, 11.2 (2020).
Radhyatul Hamidah, Lilih Witjati2, ‘Implementasi Pendekatan Sosiologi Pada Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13.2 (2022).
Rifa’i, Moh., ‘Kajian Masyarakat Beragama Perspektif Pendekatan Sosiologis’, Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2.1 (2018). <https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.246>
Sabti, La Ode Fajrul Islam, ‘Analisis Pendekatan Sosiologis Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Baubau’, 06.01 (2022).
Septian, Nandang, and Andriyanto Wibisono, ‘Review Faktor Pembentuk Perilaku Belajar Siswa Generasi Z Dalam Ruang Kelas’, Research and Development Journal of Education, 7.2 (2021). <https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.9434>
Sikwan, Agus, Syarmiati Syarmiati, and Silsilia Esti Utami, ‘Perilaku Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Internet Sebagai Media Belajar (Studi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Ambawang)’, Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13.2 (2022). <https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.59513>
Sodik, Moh Ali, ‘Studi Pendidikan Islam’, Fitrah, 12.2 (2019).
Sularso, Sularso, Wadiyo Wadiyo, Agus Cahyono, and Suharto Suharto, ‘Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Tantangan Dan Kesulitan Dalam Mengintegrasikan Pendekatan Sosiologi Pendidikan Musik Di Indonesia’, in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 2023.
Tati’ah, ‘Tingkah Laku Siswa Sekolah Dasar Full Day School Islam Terpadu Qardhan Hasanah Di Kota Banjarbaru’, Pahlawan: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial Dan, Budaya, 13 (2018).
Utami, Ita, Amalia Muthia Khansa, and Elfrida Devianti, ‘Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Tangerang 15’, Fondatia, 4.1 (2020). <https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466>
Virdi, Santika, Husnul Khotimah, and Kartika Dewi, ‘Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah’, Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2.1 (2023).
Walidain, Birrul, ‘Perilaku Siswa Dalam Proses Pembelajaran PAI Di SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh Dan SMP Insyafuddin Banda Aceh’, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3.1 (2021). <https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i1.144>
Wicaksono, Taufiq Hendra, ‘Perilaku Mengganggu Di Kelas | Taufiq Hendra Wicaksono’.
Wulandari, Monica, Safrizal Safrizal, and Husnani Husnani, ‘Faktor Penyebab Siswa Berperilaku Negatif Di Sekolah Dasar (Studi Kasus SD X Kota Batusangkar)’, Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (2023). <https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v6i1.155>
Yulia, Putu, and Angga Dewi, ‘Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar’, 1.1 (2020).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.