Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berbasis Kesenian Tari Budaya Lampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar berbasis kesenian tari budaya Lampung. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur (literature review). Melalui tinjauan literatur, penelitian ini menganalisis temuan terkait peningkatan pemahaman matematis, motivasi dan keterlibatan siswa, pengembangan keterampilan sosial dan budaya, serta keterampilan motorik dan kreativitas siswa dalam konteks pembelajaran matematika yang menggunakan kesenian tari tradisional Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kesenian tari Lampung dalam pembelajaran matematika telah terbukti meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap konsep-konsep matematika seperti geometri, simetri, pola, angka dan pengukuran. Selain itu, penggunaan budaya lokal seperti tari Lampung juga telah meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta membantu mengembangkan keterampilan sosial, budaya, motorik, dan kreativitas mereka. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi, termasuk keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru, kurangnya sumber daya dan dukungan dari kurikulum nasional. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika berbasis kesenian tari budaya Lampung memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar. Untuk memaksimalkan manfaat dari pendekatan ini, rekomendasi diberikan, termasuk pengembangan modul pembelajaran, pelatihan guru, dukungan kebijakan, dan penelitian lebih lanjut untuk eksplorasi yang lebih mendalam. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran matematika dapat menjadi lebih kontekstual, relevan, dan menarik bagi siswa, sambil juga membantu melestarikan dan menghargai warisan budaya lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, Alfonsa M, ‘Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah’, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1.1 (2017), <https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75>
Baidowi, Baidowi, Sri Subarinah, Laila Hayati, Dwi Novitasari, and Ni Made Intan Kertiyani, ‘Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Matematika Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Bagi Guru Matematika SMK Kota Mataram’, Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2.2 (2022), <https://doi.org/10.29303/rengganis.v2i2.235>
Fatimah Azzahrah, Hartono, Triyanto, ‘Revitalisasi Tari Sigeh Penguten Melalui Pendidikan Seni Budaya Di SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji’, Catharsis: Journal of Arts Education, 6.1 (2017), <https://doi.org/https://doi.org/10.15294/catharsis.v6i1.17030>
Faturrahman, Muhammad, and Slamet Soro, ‘Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau Dari Segi Geometri’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5.2 (2021), <https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734>
Fredy, Fredy, Lay Riwu, and Ratna Purwanty, ‘Pelatihan Penggunaan Media Konkrit Berbasis Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Guru Sekolah Dasar’, Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3.1 (2022), <https://doi.org/10.37478/mahajana.v3i1.1497>
Fujiati, I ;, and Z Mastur, ‘Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis’, Unnes Journal of Mathematics Education., 3.3 (2014), <https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4482>
Hartanti, Sri, and Ramlah Ramlah, ‘Etnomatematika: Melestarikan Kesenian Dengan Pembelajaraan Matematika’, Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7.2 (2021), <https://doi.org/10.32884/ideas.v7i2.347>
Joko, Soebagyo, Andriono Rohim, Razfy Muhammad, and Muhamad Arjun, ‘Analisis Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika’, ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4.2 (2021) <https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370>
Kencanawaty, Gita, Chatarina Febriyanti, and Ari Irawan, ‘Kontribusi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar’, Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4.2 (2020), <https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107>
Loviana, Selvi, Pika Merliza, Arlina Damayanti, Muhammad Khoirudin Mahfud, and Anang Ma’ruf Islamuddin, ‘Etnomatematika Pada Kain Tapis Dan Rumah Adat Lampung’, Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4.1 (2020), <https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956>
Maryam G, Gainau, Pengantar Metode Penleitian (Daerah Istimewa Yogyakarta: PT. Kanisius, 2016)
Nasir, et, Al., ‘Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Perbandingan Dan Skala’, Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9.05 (2023), <https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2459>
Nooryanti, Suci, Sri Utaminingsih, and Henry Suryo Bintoro, ‘Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar’, ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3.1 (2020), <https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4739>
Puspitaningrum, Febiyanti, and Sugiyono, ‘Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa SD Negeri 2 Padi’, Journal of Social Empowerment, 09.01 (2024), <https://doi.org/10.21137/jse.2024.9.1.4.>
Rahmah, Hania, Turmudi Turmudi, and Muhammad Tareq Ghifari, ‘Systematic Literature Review: Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Matematika’, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7.1 (2024), <https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21632>
Ramadhani, Rahmi, Edi Syahputra, and Elmanani Simamora, ‘Ethno-Flipped Classroom Model: Sebuah Rekomendasi Model Pembelajaran Matematika Di Masa New Normal’, AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10.2 (2022), <https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10331>
Richardo, Rino, ‘Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7.2 (2017), 118 <https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125>
Sari, Devi Permata, Yudi Darma, and Dwi Oktaviana, ‘Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Bermuatan Etnomatematika’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6.4 (2023), <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21454>
Serepinah, Marni, and Nina Nurhasanah, ‘Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13.2 (2023), <https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157>
Sriwanti, Putri Utami, and Sukmawarti Sukmawarti, ‘Pengembangan Modul Geometri Sd Berbasis Etnomatematika’, Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8.1 (2022), <https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.240>
Ulfa, Masamah, ‘Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus’, Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1.2 (2019) <https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4882>
Widyaningrum, Ratna, and Ema Butsi Prihastari, ‘Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Di SD Melalui Etnomatematika Dan Etnosains (Ethnomathscience)’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5.2 (2021), <https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5243>
Yustika, Mega, ‘Bentuk Penyajian Tari Bedana Di Sanggar Siakh Budaya Desa Terbaya Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus Lampung’, Jurnal Seni Tari, 7.1 (2017), <https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jst.v6i1.16108>
Zafirah, Afifah, Nurhizrah Gistituati, Alwen Bentri, Ahmad Fauzan, and Yerizon Yerizon, ‘Studi Perbandingan Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika: Literature Review’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8.1 (2024), <https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2210>
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.