5 Pandangan Filosofis Tentang Hakikat Anak Didik Sebagai Landasan Pendidikan Islam

Nurul Husna

Abstract


Artikel jurnal ini membahas pandangan filosofis tentang hakikat anak didik sebagai landasan pendidikan Islam. Peserta didik adalah anak yang sedang tumbuh dan berkembang baik secara fisik maupun psikologis untuk mencapai tujuan pendidikan melalui lembaga pendidikan. Dalam perspektif falsafah pendidikan Islam seluruh makhluk ciptaan Allah Swt merupakan peserta didik. Namun secara khusus dalam pendidikan Islam, peserta didik adalah seluruh al insan, al-basyar atau bani adam yang sedang menuju al-insan al-kamil, baik dalam pengertian jismiyah maupun ruhiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pandangan filosofis tentang hakikat anak didik sebagai landasan pendidikan Islam serta konsep pandangan filosofis tentang hakikat anak didik sebagai landasan pendidikan Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang tergolong kedalam penelitian pustaka (library research). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hakikat anak didik dalam pandangan filosofis yaitu hal yang saling berkaitan dan dirangkum pada esensi, potensi serta karakteristik peserta didik, peserta didik memegang peranan penting dalam berlangsungnya sebuah pendidikan, karena peserta didik adalah merupakan salah satu landasan dalam pendidikan Islam baik secara umum maupun secara pandangan filosofis yang sangat berpengaruh pada hasil dari pendidikan tersebut.


Keywords


Pandangan Filosofis, Anak Didik, Landasan Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistomologio dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis. 2008.

Assegaf. Abd Rahman. Filsafat Pendidikan Islam, Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif –Interkonektif. Jakarta: Raja Grafindo. 2011.

Bahruddin Ismail, Hakikat Peserta didik Persfektif filsafat Pendidikan Islam. Al-Mahyra (Jurnal Penelitian Dan Pengembanan Keilmuan) Vol. 1 No. 1 (2020).

Baid Hawwa Said bin Muhammad. Intisari Ihya Ulumuddin Al-Ghazali, Mensucikan Jiwa Konsep Tazkiyatun Nafs Terpadu, Terj. Aunur Rafiq Shakeh Tahmid, Lc. 2003.

Hasanah, Dr.Hj Mila, M.Ag, Landasan Pendidikan Islam. Mataram: CV. Kanhayakarya. 2021.

Hasan Fahmi Asma, Mabadiut Tarbiyyatil Islamiah, terj. Ibrahim Husain, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang. 1979.

Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.

Ramayulis dan Nizar Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: telaah sistem pendidikan dan pemikiran para tokoh. Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Tafsir Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Zainuddin dan Nasir Mohd. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis. 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto