Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbantu QR-Code untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Bangun Ruang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code yang layak (valid, praktis dan efektif) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain ADDIE. Populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Pasuruan Lampung Selatan. Sampel penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada 2 yaitu teknik tes dan nontes. Kevalidan pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code berdasarkan penilaian dari 4 ahli yang memperoleh kategori sangat baik. Kepraktisan pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code berdasarkan tanggapan pendidik dan peserta didik memperoleh kategori sangat baik. Keefektifan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji effect size memperoleh skor Cohen’s d 0,99 dengan kategori Tinggi. Berdasarkan hasil analisis Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, N. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Prosiding DPNPM Unindra. 5(1).
Hima, L. R., Ni’mah, K., & Kurniati, R. (2016). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika. 2(2).
Kristiyanto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Development Of Comic Media on Learning Theme 7 Sub- Theme 4 In Third Grade Elementary Schools. International Journal of Elementary Education. 4(4).
Leonard, L., & Nisa, K. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 4(1).
Mulyatiningsih, E. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma. 4(2).
Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika: Teori dan Contoh Praktek. Lombok: Duta Pustaka Ilmu.
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2).
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 10(1).
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institude.
Spector, J. M. (2016). The Potential of Smart Technologies for Learning and Instruction. International Journal of Smart Technology and Learning. 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vianazir Juwita Rahmi, Rangga Firdaus, Tina Yunarti, Herpratiwi Herpratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.