Analisis Desain dan Implementasi Anatomi Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Kurikulum memegang peranan yang cukup strategis dalam mencapai tujuan pendidikan, baik itu pendidikan umum maupun pendidikan agama. Konsep kurikulum yang berlaku di Indonesia dapat dilihat dari definisi kurikulum yang terdapat dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional 2003 pasal 1 ayat 11, yang berbunyi: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Anatomi kurikulum digambarkan sebagai komponen-komponen yang harus ada dalam setiap kurikulum yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah, yaitu tujuan, isi/ materi, strategi, media dan evaluasi. Madrasah Ibtidaiyah sebutan bagi sekolah agama Islam adalah tempat proses belajar mengajar ajaran Islam secara formal yang mempunyai kelas dan kurikulum dalam bentuk klasikal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggali secara teoritis bagaimana analisis desain dan implementasi anatomi kurikulum PAI Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan pengetahuan umum, dengan tujuan membentuk siswa yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman yang kuat tentang ajaran Islam. Struktur kurikulum mencakup materi-materi pokok seperti Aqidah, Fiqih, Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam, serta disesuaikan dengan tingkat pendidikan siswa. Implementasi kurikulum PAI dilakukan dengan metode pembelajaran yang beragam, termasuk ceramah, diskusi, dan praktek ibadah. Guru berperan sebagai fasilitator yang tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga membimbing siswa dalam penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan perbedaan latar belakang siswa, yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahid, Nur. Problematika Madrasah Aliyah di Indonesia,. Kediri: STAIN Kediri Press, 2009.
Ahmad, M.. Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV. Pustaka Setia, 1998.
Mas'ud, Abdurrachman dkk,. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Aprilia, Wahyu. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum.” Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 2 no. 2, 2020.
Depdiknas. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Hamalik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.
Haryati, Nik. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta, 2011.
Hikmawati, Nur Kholifatul. Nilna Farah Adibah. “Anatomi dan Desain Kurikulum,” 6, no. 2 (2022).
https://kbbi.web.id/desain.html diakses pada Rabu, 31 Mei 2023 pukul 21.32.
Khoiriyah. Menggagas Sosiologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2014.
Marliana. “Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Dinamika Ilmu 13 (2013).
Menteri Agama RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Menteri Dalam Negeri: Surat keputusan bersama Nomor 6 Tahun 1975 Nomor 037/U/1975,. Nomor 36 Tahun 1975 tentang Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Madrasah.
Moha, Kamaruddin. “Anatomi Kurikulum”. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2021.
Musbani. “Kurikulum Pendidikan Islam menurut Surat Al-Baqarah Ayat 177,” Vol. 1 No. 1 (2021).
Nasution,S.. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pres, 2002.
Nizar, Samsul. Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. 2. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Qomar. Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2008.
Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu IPTEK Dan IMTAQ. Ciputat: PT Ciputat Press Group, 2006.
Soemanto, Soetopo. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Sulistyorini dkk,. Esensi Manajemen Pendidikan Islam: Pengelolaan Lembaga untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam,. Yogyakarta: Teras, 2014.
Tarihoran, Naf’an. Pengembangan Kurikulum. Banten: Loquen Press, 2008.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. 2. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo, 2002.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3725
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lisna Ariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.