Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan Islam sebagai Framework Analisa Kritis pada Pembelajaran Sekolah Islami dengan Sistem Full Day School

Noor Liyana Selvia

Abstract


Full Day School adalah sistem yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy untuk mencegah perilaku negatif pada anak anak. Meski secara konsep ideal, namun pada faktanya ada sisi negatif dari model Full Day School ini. Penulis melakukan evaluasi dengan menggunakan framework filsafat ilmu manajemen pendidikan Islam sebagai model analisa kritis pada konsep Full Day School. Analisa kritis yang penulis lakukan berbasis nilai Islami dan mendasarkan pada bagaimana Islam memandang pendidikan dan metode pemahaman ilmu yang tepat dalam kerangka Islam. Penulis juga menekankan bahwa evaluasi ini didasarkan bukan untuk menolak Full Day School melainkan menyusun kurikulum Full Day School untuk mencapai pendidikan yang ideal. Tujuan penelitian untuk menyelidiki pemahaman dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran yang relevan dengan ilmu pengetahuan dan sistem pendidikan dalam perspektif Islam. Tujuan utama, penelitian ini adalah menganalisis berbagai jurnal akademik terkait yang membahas tentang filosofi ilmu dan pendidikan Islam guna memperoleh sudut pandang yang lebih komprehensif untuk mengevaluasi Full Day School secara berimbang dan mendasar hingga ke tingkat abstraknya. Metode penelitian yang digunakan Literature Review dengan fokus pada filsafat ilmu dan pendidikan Islam. Hasil dari kajian penulis menegaskan bahwa konsep Full Day School yang baik seharusnya tidak meletakkan murid dalam prasangka bahwa ia akan berlaku buruk, tidak memiliki paradigma bahwa waktu yang panjang menghasilkan pendidikan yang lebih baik dan harus memiliki solusi untuk mendasarkan pelatihan pada anak anak untuk menghadapi realitas.


Keywords


Full Day School, Pendidikan, Islam, Menteri, Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Albanese, Ariana M., Gabrielle R. Russo, dan Pamela A. Geller. “The Role of Parental Self-Efficacy in Parent and Child Well-Being: A Systematic Review of Associated Outcomes.” Child: Care, Health and Development 45, no. 3 (Mei 2019). https://doi.org/10.1111/cch.12661.

Chacón-Cuberos, Ramón, Félix Zurita-Ortega, Irwin Ramírez-Granizo, dan Manuel Castro-Sánchez. “Physical Activity and Academic Performance in Children and Preadolescents: A Systematic Review.” Apunts Educación Física y Deportes, no. 139 (1 Januari 2020). https://doi.org/10.5672/apunts.2014-0983.es.(2020/1).139.01.

Dinata, Syaiful. “Epistemologi Kritisisme Immanuel Kant.” Kanz Philosophia: A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism 7, no. 2 (31 Desember 2021). https://doi.org/10.20871/kpjipm.v7i2.183.

Duque, Valentina. “Violence and Children’s Education: Evidence From Administrative Data.” Journal of Conflict Resolution, 21 Juni 2023. https://doi.org/10.1177/00220027231180114.

Endraswara, S. Filsafat Ilmu. Media Pressindo, 2021.

Faiz, Aiman. “Pendidikan nilai dan karakter dalam perspektif pendidikan umum di perguruan tinggi.” Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum 18, no. 2 (5 Oktober 2020). https://doi.org/10.17509/sosio.

Fauzi, Anis, dan Lilis Solihah. “Desain Dan Implementasi Pembelajaran Full Day School Dalam Pengembangan Kemandirian Siswa.” Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 3 (27 Juli 2019). https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3586.

Isaac, Guillaume, Margarida Romero, dan Sylvie Barma. “Understanding Co-Creativity in Real-World Problem Solving in Project-Based Learning in Higher Education.” Revue Internationale Du CRIRES : Innover Dans La Tradition de Vygotsky / CRI_SAS International Journal: Vygotsky’s Heritage: Innovation in Education 6, no. 3 (2022). https://doi.org/10.51657/ric.v6i2.51585.

Kinanti, Chieka Aisyah, Kailla Putri Aisyah, Sylmi Adila, dan Alma Miftaqiyah. “Pengaruh Sistem Pembelajaran Full Day School Terhadap Perkembangan Peserta Didik.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 2, no. 2 (15 Juni 2023). https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.644.

Lavonen, Jari. “Curriculum and Teacher Education Reforms in Finland That Support the Development of Competences for the Twenty-First Century.” Dalam Audacious Education Purposes: How Governments Transform the Goals of Education Systems, disunting oleh Fernando M. Reimers, 65–80. Cham: Springer International Publishing, 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-030-41882-3_3.

Martin, Andrew. How to Optimize Online Learning in the Age of Coronavirus (COVID-19): A 5-Point Guide for Educators, 2020.

Mattheis, Nikolas. “Unruly Kids? Conceptualizing and Defending Youth Disobedience.” European Journal of Political Theory 21, no. 3 (1 Juli 2022). https://doi.org/10.1177/1474885120918371.

Muis, Abdul, Hosaini Hosaini, Eriyanto Eriyanto, dan Agus Readi. “Role of the Islamic Education Teacher in the Moral Improvement of Learners.” Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 3 (11 Desember 2022). https://doi.org/10.37758/jat.v5i3.487.

Mustofa, Hadi. “Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa.” AL FATIH, 5 Januari 2023.

Nasution, Sangkot. “Pendidikan Lingkungan Keluarga.” Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (30 Juni 2019). https://doi.org/10.30829/taz.v8i1.457.

Niemi, Hannele Marjatta, dan Päivi Kousa. “A Case Study of Students’ and Teachers’ Perceptions in a Finnish High School during the COVID Pandemic.” International Journal of Technology in Education and Science 4, no. 4 (2020).

Nistal, Martín. “More Time Less Time? The Effect of Lengthening the School Day on Learning Trajectories,” Juli 2022. http://repositorio.udesa.edu.ar/jspui/handle/10908/22794.

Pristiwiyanto, dan Muhammad Mahfud. “Rasionalisme Dan Kritik Dalam Dunia Filsafat.” Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 5, no. 1 (14 April 2021). https://doi.org/10.59355/risda.v5i1.36.

Pulkkinen, Jonna, Eija Räikkönen, Markku Jahnukainen, dan Raija Pirttimaa. “How Do Educational Reforms Change the Share of Students in Special Education? Trends in Special Education in Finland.” European Educational Research Journal 19, no. 4 (1 Juli 2020). https://doi.org/10.1177/1474904119892734.

Puspitasari, Ratna. “Kontribusi Empirisme Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 1, no. 1 (9 Maret 2016). https://doi.org/10.24235/edueksos.v1i1.367.

Rholanjiba, Sefti, Sudjarwo Sudjarwo, dan Muhammad Nurwahidin. “Konsep Diri Terhadap Kenakalan Remaja Dalam Perspektif Filsafat Ilmu.” JOEL: Journal of Educational and Language Research 2, no. 4 (30 November 2022). https://doi.org/10.53625/joel.v2i4.4126.

Rothenberg, William A., Emma Sorbring, Jennifer E. Lansford, Liane Peña Alampay, Suha M. Al‐Hassan, Dario Bacchini, Marc H. Bornstein, dkk. “Predicting child aggression: The role of parent and child endorsement of reactive aggression across 13 cultural groups in 9 nations.” Aggressive Behavior 49, no. 3 (2023). https://doi.org/10.1002/ab.22067.

Safi’i, Imam, Silih Warni, dan Prima Gusti Yanti. “Persepsi Guru Bahasa Indonesia Terhadap Full Day School.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (4 April 2020). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.21050.

Sitanggang, Lolita, dan Siti Tiara Maulia. “Analisis Kebijakan Full Day School Terhadap Pembelajaran Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS) 1, no. 2 (11 April 2023). https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.220.

Yuliana, Yuliana, Ahmad Rifa’i Abun, dan Ali Mashar. “Implementasi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di SMK Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.” UNISAN JURNAL 1, no. 1 (30 September 2022).

Yuliawati, dan Antara. “Alasan Menteri Muhadjir Usulkan “Full Day School".” CNN Indonesia, 2016. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160808135054-20-149886/alasan-menteri-muhadjir-usulkan-full-day-school.

Zhu, Chengyan, Shiqing Huang, Richard Evans, dan Wei Zhang. “Cyberbullying Among Adolescents and Children: A Comprehensive Review of the Global Situation, Risk Factors, and Preventive Measures.” Frontiers in Public Health 9 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.