Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Environmental Learning

Fitriah Fitriah, Nurul Fauziah, Sulistiyowati Sulistiyowati, Rizkiah Rizkiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali data terkait keterampilan dasar proses sains siswa melalui model pembelajaran Environmental Learning dengan pendekatan kualitatif dan disajikan secara deskriptif untuk menggambarkan tingkat keterampilan dasar proses sains siswa yang dinilai melalui kegiatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Environmental Learning. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V di  MI Negeri  Hulu Sungai Selatan yang berjumlah 29 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan dasar proses sains siswa melalui model-model pembelajaran Environmental Learning dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan dasar proses sains siswa MI Negeri 2 Hulu Sungai Selatan pada indikator observasi dan klasifikasi sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas pada masing-masing indikator yakni observasi sebesar 76,73 berada pada kategori “Baik”, dan indikator mengklasifikasi dengan rata-rata kelas sebesar 81,20 berada pada kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar proses sains siswa berada pada kategori “baik” dan model Environmental Learning ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA terutama untuk mengetahui tingkat keterampilan proses sains.


Keywords


Keterampilan Dasar, Sains, Environmental Learning

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Afaf Ali, FArizal MS, and EE Junaedi Sastradiharha. “Manajemen Mutu Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTs Anwarul Falah Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 5, no. 2 (2022). https://doi.org/doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20.

Darmayanti, Ni Wayan Sri, and Ni Wayan Indah Setiawati. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI Di SD N 1 Cempaga.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638.

Desideria, Selvi, Latisma Dj, and Rahadian Zainul. “Deskripsi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Larutan Penyangga Di SMAN 15 Padang.” Jurnal Pendidikan Kimia 7, no. 1 (2018).

Ekici, Murat, and Mukaddes Erdem. “Developing Science Process Skills through Mobile Scientific Inquiry.” Thinking Skills and Creativity 36 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658.

Elvanisi, Ade, Saleh Hidayat, Etty Nurmala Fadillah, Jalan A Jendral Yani, Kota Palembang, Sumatera Selatan, and Coressponding Author. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 4, no. 2 (2018). http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi.

Fauziah N. “Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah.” An-Nahdhah-Jurnal Imiah Kegamaan Dan Kemasyarakatan 11, no. 21 (2018).

Fauziah, Nurul. “Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah.” An-Nahdhah| Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 11, no. 1 (2018).

Fitriana, Fitriana, Yenni Kurniawati, and Lisa Utami. “Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory.” JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669.

Gültekin, Sevim Burçin, and Taner Altun. “Investigating the Impact of Activities Based on Scientific Process Skills on 4th Grade Students’ Problem-Solving Skills.” International Electronic Journal of Elementary Education 14, no. 4 (2022). https://doi.org/10.26822/iiejee.2022.258.

Hasmyati, Suwardi, and Andi Asrafiani Arafah. Effective Learning Models in Physical Education Teaching. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Hunegnaw, Tadesse, and Solomon Melesse. “An Evaluative Study of the Experimental Tasks of the Ethiopian Grade 12 Chemistry Textbook Considering Developing ‘Science Process Skills.’” Cogent Education 10, no. 1 (2023). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2208944.

Jayanti, Endar Dwi. “Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.234.

Kiay, Marhamah I. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 4 Gorontalo.” JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan 03, no. 2 (2018).

Marcelina, Susi, Yula Miranda, Soaloon Sinaga, and Theo Jhoni Hartanto. “Implementasi Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Pada Topik Pencemaran Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 10, no. 4 (2022). https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.25846.

Moko, Siti Noer Aini. “Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing,” no. November (2021).

Murti, Warda, and Sri Maya. “The Effectiveness of Value Clarification Technique Learning Model on Students’ Learning Outcomes.” Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 54, no. 1 (2021). https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.29589.

Mutiara. “Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA Di MI/SD.” MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i2.380.

Nuraini, and Wawan Muliawan. “Development of Science Learning with Project Based Learning on Science Process Skill : A Needs Analysis Study.” Journal of Physics: Conference Series 1539, no. 1 (2020). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012055.

Pujiastuti, Pratiwi. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar (Sd),” 2009.

———. “Pembelajaran IPA Bermakna Bagi Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme,” 2018.

Rahmawati, Umi Nur Afifah. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Mim Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020.” JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3025.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2018.

Saniyah, Sayidatus, and Akhtim Wahyuni. “The Effect of the Environmental Learning Model on the Character of Care for the Environment of Class IV Student.” Academia Open 7 (2022).

Suryaningsih, Siti, and Fakhira Ainun Nisa. “Kontribusi STEAM Project Based Learning Dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains Dan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 6 (2021). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.198.

Trisnawati, Oky Ristya. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Kaleng Tahun Ajaran 2017/2018” 3, no. 2 (2019).

Tumewu, Widya Anjelia, Ester Caroline Wowor, and Milan Kisi Rogahang. “Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4, no. 4 (2020). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1517.

Wahyuni, Fitri, Daniah, and Wati Oviana. “Upaya Penigkatan Keterampilan Proses Sains Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Melalui Model Inkuiri Terbimbing Di SDN 02 Keumumu Aceh Selatan” 5 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitriah Fitriah, Nurul Fauziah, Sulistiyowati Sulistiyowati, Rizkiah Rizkiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://journal.napri.gov.ng/