Problematika Evaluasi Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan memaparkan secara tuntas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan problematika evaluasi kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun untuk metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode studi kepustakaan ((library research) dengan penyajian data secara objektif dan sistematis melalui teknik analisis diskriptif kualitatif. Untuk hasil penelitian dijelaskan bahwa sangat banyak sekali problematika dalam mengevalusi kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah yang mencakup masalah yang berkaitan dengan penerapan evaluasi kurikulum yaitu meliputi dasar teori yang digunakan dalam evaluasi kurikulum lemah, intervensi pendidikan yang dilakukan tidak memungkinkan dilakukan blinded (seimbang), kesulitan dalam melakukan randomisasi, kesulitan dalam menstandarkan intervensi yang dilakukan atau kesulitan dalam menseragamkan intervensi, masalah etika penilaian, kesulitan dalam mencari alat ukur, dan penggunaan perspektif kurikulum yang berbeda sebagai pembanding. Dan juga masalah yang berkaitan dengan komponen kurikulum yaitu meliputi komponen tujuan, komponen isi/materi, komponen strategi, dan komponen evaluasi. Selain itu, penelitian ini juga memaparkan mengenai solusi yang dapat diambil dari problematika kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah diantaranya yaitu paham akan teori yang diterapkan pada saat melakukan evaluasi kurikulum, memahami dan mengamalkan etika penelitian, menyusun kembali komponen tujuan dan materi kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah yang berlandasan nilai-nilai pendidikan Islam, pendidik harus memiliki kreativitas dalam penggunaan berbagai metode dan media pembelajaran yang bervariasi, menambah jumlah guru profesional, dan mengembangkan sistem evaluasi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, Herman & Khotibul Umam. 2020. “Pengajaran PAI dan Problematikanya di Sekolah Umum Tingkat SMP”. Jurnal Rechtenstudent. 1 (1).
Arofah, Eli Fitrotul. 2021. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan”. Jurnal Tawadhu. 5 (2).
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Pelaksanaan KTSP pada MTs di Kalimantan, Jawa Timur, dan Yogyakarta, Semarang: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2010.
Hilabi, Abdurrahman, Evaluasi Kurikulum, Jakarta: Pustaka Amanah, 2019.
Mahiran B. 2017. “Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa)". Jurnal Idaarah. 1 (2).
Mulyadi, Evaluasi Pendidikan; Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah, Malang; UIN-Maliki Press, 2010.
Mutaqqin, Muhammad Edy. 2020. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam”. Jurnal Prosiding Pascasarjana IAIN Kendiri. 3.
Rohman, Mujibur. 2015. “Problematika Kurikulum Pendidikan Islam”. Jurnal Madaniyah, 8: 2.
Rusman, Manajemen kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Sari, Milya & Asmendri, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA”. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 6 (1).
Sobali, Leli. 2018. “Evaluasi Kurikulum Teintegrasi Antara Pondok Pesantreb dan Madrasah (Study Kasus di Kulliyatul Mu’allimin Al Mutawally Kuningan Jawa Barat)”. Jurnal Ilmiah Kajian Islam. 3 (1).
Sukati, dkk. 2023. “Manajemen Kurikulum dan Evaluasi”. Jurnal Majemen Pendidikan. 2 (2).
Zaeni, Muhammad, Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi, Yogyakarta: Teras, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mirli Widiya Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.