Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD YPPSB 2 Kecamatan Sangatta Utara di Era Kurikulum Merdeka

Mulyono Mulyono, Laili Komariyah, Widyatmieke Gede Mulawarman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD YPPSB 2 Sangata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan dengan model Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD YPPSB 2 Sangatta menunjukkan bahwa: 1). Perencanaan dilakukan dengan cara mengadakan rapat kerja yang diadakan di awal tahun pembelajaran dan menyusun program kerja tahunan. 2) pengorganisasian dilakukan dengan menunjuk koordinator dan panitia kerja kegiatan yang akan mejalankan program yang sudah direncanakan, membuatkan surat keputusan pembagian tugas guru 3) pelaksanaan dilakukan dengan meningkatkan kedisiplinan, dengan absensi fingger print, mengadakan kegiatan gathering dan kebersamaan, mengadakan pelatihan IKM, pelatihan google for education, workshop penyusunan bahan ajar, in house training untuk meningkatkan kualitas dan kinerja guru, 4) Evaluasi dilakukan dengan rapat mingguan dan penilaian kinerja guru di akhir tahun pelajaran. Dengan demikian implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kinerja guru di SD YPPSB 2 Sangatta.


Keywords


Kompetensi Manajerial, Kinerja Guru, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Zuchri, and M. Si Sik. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021.

Aprileoni, Windi Purwati, Dita Rulina, and Refo Seftiawan. “Pengaruh Kedisiplinan, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru.” Comm-Edu (Community Education Journal) 3, no. 3 (2020).

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 02 (May 31, 2023). https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Dakabesi, Eklopas Dakabesi, and Luhur Wicaksono. “Kepemimpinan Kolaborasi Kepala Sekolah Dalam Membangun Tim Kinerja Guru Di Era Society 5.0.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 6, no. 4 (2022).

Fiantika, Feny Rita, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, Imam Mashudi, Nur Hasanah, Anita Maharani, and Kusmayra Ambarwati. Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press, 2022.

Harliansyah, Harliansyah, Zaenab Hanim, and Azainil Azainil. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMK Negeri Kota Samarinda.” Attractive: Innovative Education Journal 4, no. 3 (2022).

Jamrizal, Jamrizal. “Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian Dan Pengawasan Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (Literature Review Manajemen Pendidikan).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2022).

Komalasari, Komalasari, Yasir Arafat, and Mulyadi Mulyadi. “Principal’s Management Competencies in Improving the Quality of Education.” Journal of Social Work and Science Education 1, no. 2 (2020).

Komariyah, Laili. “Contribution of Transformational Leadership and Years of Leader Experience on the Effectiveness of Faculty in the Post Pandemic.” Journal of Social Studies Education Research 13, no. 4 (December 28, 2022).

Komariyah, Laili, Lorensius Amon, Ali Wardhana, Lukman Priyandono, Soerjo Adi Poernomo, Syafrudin Januar, Tras Satriawarman, M. Rajib Bustami, Prima Adi Pratama, and Wilis Haryo Sumantri. Manajemen Pendidik & Tenaga Kependidikan Abad 21. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Mulawarman, Widyatmike Gede, Heriman Heriman, and Prima Adi Pratama. “Effectiveness of School Management through Strengthening the Managerial Ability of School Principals in the Field of Education Financing.” EduLine: Journal of Education and Learning Innovation 2, no. 4 (2022).

Mulyasa, H. Enco. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara, 2022.

Nurlaili, Nurlaili, Apridar Apridar, and Aiyub Aiyub. “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Dengan Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Sebagai Varibel Intervening Pada Guru SMA Di Kecamatan Dewantraa Kabupaten Aceh Utara.” J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia) 4, no. 1 (2020).

Oematan, Markus, and Maglon Ferdinand Banamtuan. “Peran Kepala Sekolah Dalam Memotivasi Guru-Guru Di SMTK Benfomeni Kapan.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022).

Rohim, Syaiful, M. Surip, M.Joharis Lubis, and M. Oky Fardian Gafari. “Leadership Contribution and Organizational Commitment on the Work Achievement of the School Principals and Teachers in High Schools in Medan.” Cogent Education 10, no. 2 (December 11, 2023). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2239595.

Sakban, Sakban, Ifnaldi Nurmal, and Rifanto Bin Ridwan. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 2, no. 1 (2019).

Sancoko, Cahyo Harry, and Rini Sugiarti. “Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya.” Jurnal Pendidikan Rokania 7, no. 1 (2022).

Sirait, Jumaria. “The Commitment of a Headmaster Leadership of Learning to Improve the Quality of Education: The Commitment of a Headmaster Leadership of Learning to Improve the Quality of Education.” Jurnal Mantik 4, no. 2 (2020).

Sugiyono, S. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” Alfabeta 15, no. Issue 2 (2013).

Tanjung, Rahman, Hanafiah Hanafiah, Opan Arifudin, and Dedi Mulyadi. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (August 26, 2021). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272.

Wati, Dita Prihatna, Nur Wahyuni, Arum Fatayan, and Aska Amalia Bachrudin. “Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mulyono Mulyono, Laili Komariyah, Widyatmieke Gede Mulawarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.