Konsep Sosiologis Kedudukan dan Peran Keluarga Serta Kedudukan dan Peran Sekolah Dasar Sebagai Landasan Pendidikan Islam

Nazaratun Maulidiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan kedudukan dan peran keluarga dalam pembentukan landasan pendidikan Islam serta kedudukan dan peran sekolah dasar dalam penguatan pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang tergolong kedalam penelitian pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan melalui penelaahan terhadap buku-buku dan jurnal terkait dengan sosiologi keluarga, pendidikan Islam dan peran sekolah dasar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran primer dalam pendidikan Islam melalui pemodelan nilai-nilai dan praktik keagamaan, sementara sekolah dasar berfungsi memperkuat dan memperluas pemahaman Islam secara sistematis. Struktur sosial di sekolah dasar Islam mencerminkan kompleksitas interaksi antara berbagai elemen. Kedudukan guru yang tinggi dalam hierarki sosial sekolah menunjukkan pentingnya peran mereka tidak hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai teladan moral dan spiritual. Hubungan guru-murid yang didasarkan pada konsep 'uswatun hasanah' dan 'murabbi' menggambarkan pendekatan holistik dalam pendidikan Islam. Interaksi dan sinergi antara keluarga dan sekolah terlihat cukup kuat, meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi. Rekomendasi untuk pengembangan kurikulum terpadu dan pembentukan komunitas belajar Islam menunjukkan kesadaran akan pentingnya kolaborasi antara kedua institusi ini. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan Islam, di mana keluarga dan sekolah bekerja sama untuk membentuk landasan yang kuat bagi perkembangan anak-anak muslim.


Keywords


Keluarga, Sekolah Dasar, Landasan Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Fauziah, Fuji. “Peran Keluarga dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Islamic Studies, 5 (1) 2021.

Haryanti, Dwi dan Romli. “Pendidikan Islam dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Edugama, Vol. 7, No. 2, (2021).

Hasanah, Mila. Landasan Pendidikan Islam. Mataram: CV Kanhayakarya, 2001.

Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2001.

Munardji, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bina Ilmu. 2004.

Nasution, S. Sosiologi Pendidikan. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara. 1994.

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.

Ridwan dkk., “Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research)”. Jurnal Masohi, 2 (1) (2021).

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan.

Uhbiyati, Nur. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra. 2002.

'Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Pendidikan Anak Dalam Islam. Solo: Insan Kamil. 2012.

W. J, Purwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nazaratun Maulidiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://journal.napri.gov.ng/