Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Aulia Fahma Balqis, Ema Rizky Ananda

Abstract


Kurikulum belajar merdeka sudah diterapkan pada kelas I dan II, dan diterapkan secara bertahap dari kelas I hingga kelas IV. Kurikulum merdeka ini cukup fleksibel untuk diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan kesulitan yang dihadapi guru saat menerapkan kurikulum merdeka pada siswa di kelas I dan II di SDIT Daarul Istiqlal. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah. Adapun teknik penelitian yang di gunakan adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data  yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa kurikulum merdeka memiliki kelebihan dan kekurangannya. Hasilnya menunjukkan bahwa guru tidak memahami bagaimana menerapkannya, kurangnya pemahaman tentang metode pembelajaran inovatif, kurangnya buku referensi tentang materi kurikulum merdeka, dan masalah manajemen waktu guru. Berdasarkan hasil ini, penelitian ini dapat menawarkan solusi yang tepat.


Keywords


Problematika, Guru, Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Alsubaie, Merfat Ayesh. “Curriculum Development: Teacher Involvement in Curriculum Development.” Journal of Education and Practice 7, no. 9 (2016).

Daga, Agustinus Tanggu. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (2021). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.

Hartoyo, Agung, and Dewi Rahmadayanti. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2022).

Hehakaya, Enjelli, and Delvyn Pollatu. “Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan DIDAXEI 3, no. 2 (2022).

Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1993.

Nafi’ah, Jamilatun, Dukan Jauhari Faruq, and Siti Mutmainah. “Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, no. Mi (1967).

Naufal, Hanif, Indika Irkhamni, and Milda Yuliyani. “Penelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Pekalongan.” Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan 1, no. 1 (2020).

Nugraha, Tono Supriatna. “Inovasi Kurikulum” 19, no. 2 (2022).

Rahmi, Rina, Monica Adila, Rosi Novita Sari, and Sri Armanusa. “Hambatan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di MIN 11 Aceh Barat.” Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 1 (June 30, 2023). https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i1.1712.

Raikhan, Raikhan. “Masalah Kurikulum Dan Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar; Studi Kasus Di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.” Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1125.

Wicaksana, Arif, and Tahar Rachman. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 3, no. 1 (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.