Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 1 Kaligintung

Ani Novianti, Rintis Rizkia Pangestika, Arum Ratnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan, 1. Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran talking stick di kelas IV SDN 1 Kaligintung. 2. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran talking stick di kelas IV SDN 1 Kaligintung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajar 2022/2023 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 1 Kaligintung berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar  keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan siswa, lembar wawancara, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pada hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri I Kaligintung yaitu pada tahapan pra Siklus keaktifan siswa hanya mendapatkan 42%. Pada siklus I mendapatkan persentase keaktifan 70%, sedangkan pada siklus II keaktifan siswa sebesar 95%. Selanjutnya untuk hasil belajar pada tahapan pra siklus diperoleh 24%, pada siklus I yaitu 48% dan pada siklus II diperoleh sebesar 80%. Selanjutnya keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh 75% dan pada siklus II sebesar 89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran Matematika materi bangun datar dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Kaligintung.


Keywords


Keaktifan, Hasil Belajar, Talking Stick, Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and Supardi. Penelitian Rindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.

Astuti, Cahya Ayu. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Wacana Akademik 1, no. 2 (2017).

Baid, Nurfaida, Evi Hulukati, Kartin Usman, and Siti Zakiyah. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial.” Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi 10, no. 2 (October 21, 2022). https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16342.

Husnul Fauzan and Khairul Anshari. “Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (March 21, 2024). https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802.

Muthma’innah, Muthma’innah. “Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar.” TA’DIBAN: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (February 8, 2023). https://doi.org/10.61456/tjie.v2i2.77.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari’ah Dan Tarbiyah 3, no. 1 (June 27, 2018). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Wahyudi, Andi Ardhila, and Hamdana Hadaming. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 3, no. 1 (March 31, 2020). https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3303.

Wibowo, Linda Ari, and Lamtioma Rinca Pardede. “Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar.” Prosiding DPNPM Unindra, 2019.

Widoyoko, S. Eko Putro. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.