Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Materi Perkalian dan Pembagian Kelas IV SDN Bayan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan hasil belajar, 2) mengetahui keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Realistic Mathematics Education merupakan model pembelajaran yang dalam prosesnya berbantuan benda konkret. Penelitian ini menggunakan benda konkret, benda tersebut digunakan sebagai sarana mempermudah cara menghitung siswa. Benda konkret yang digunakan oleh peneliti yaitu stik. Metode Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian ini berada di SD N Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Subjek penelitian yang digunakan peneliti kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian menjadi 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti pada siklus I keaktifan belajar sebesar 64% sedangkan pada siklus II yaitu 77%, jumlah ini termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus pertama mencapai 72% dan pada siklus kedua mencapai 100%, hal ini membuktikan bahwa metode RME tepat digunakan untuk siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan model RME mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, proses belajar siswa menjadi lebih baik. Saran untuk guru dan sekolah diharapkan mampu bekerja sama untuk menindaklanjuti dan memfasilitasi guru dalam mempelajari berbagai model pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7 (1).
Arum, N., Amir, N. F., & Buru, U. I. (2019). Improving Student Learning Results Through The Application Of The Quantum Teaching Model. JME (Journal of Mathematics Education), 4 (1).
Harun, F., Hairun, Y., Machmud, T., & Alhaddad, I. (2021). Improving Students' Mathematical Communication Skills through Interactive Online Learning Media Design. Journal of Technology and Humanities, 2 (2).
Rosmala, A. (2021). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta:Bumi Aksara.
Hutauruk,P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2).
Hutauruk, P. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa KelasV SD Negeri 023905 Kebun Lada. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1).
Widoyoko, Eko Putro. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pangestika, R. R., & Cahyaningsih, U. (2021). Relevansi Relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3).
Pour, A. N., Herayanti, L.., & Suktoyanti, B. A.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan:e-Saintika, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.