Perwujudan Identitas Manusia Indonesia Melalui Penghayatan Profil Pelajar Pancasila

Sammy Gunawan, Donna Boedi Maritasari, Laili Nurhayati Puadi, Laila Fitriani, Marpuah Marpuah, Raudatul Jannah, Rian Novariandi

Abstract


Identitas Manusia Indonesia akan menjadi pudar seiring dengan perkembangan zaman, ini harus menjadi perhatian khusus sehingga diperlukan implementasi profil pelajar Pancasila sebagai cerminan identitas manusia Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perwujudan profil pelajar Pancasila sebagai identitas manusia Indonesia. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan latar yang alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan melibatkan berbagai metode yang ada. Adapun pengumpulan data melalui pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penilitian kualitatif baik berupa buku, jurnal, catatan, laporan hasil penelitian yang relevan, maupun hasil observasi secara langsung di SDN 1 Sukamulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di SDN 1 Sukamulia menerapkan identitasnya sebagai manusia Indonesia melalui penghayatan profil Pancasila yang ada di sekolah. Perwujudan identitas yang mencakup nilai kebhinekaan dan nilai pancasila dengan enam ciri utama, yaitu: beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.


Keywords


Identitas, Kebhinekaan, Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Agus, A. A. (2016). Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Negara Republik Indonesia. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan.

Albi Anggito dan Johan Setiawan, (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: Jejak Publisher.

Ali, Nur Berlian, dkk. (2017). Pendidikan Kebinekaan pada Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud, 2017.

Hamid, Solihin Ichas, dkk. (2021). Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(6).

Irawati, Dini, dkk. 2022. Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1).

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). “Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 19(1).

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta'dib, 18(1).

Lismaya, L (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya. Media Sahabat Cendekia.

Lutfhia, R.A. & Dewi, D.A. (2021). Kajian Deskriptif tentang Identitas Nasional Untuk Integrasi Bangsa Indonesia. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1 (11).

Pradhani, Sartika I. (2018). Konsepsi Manusia Indonesia Dalam Perspektif Ideologi Hukum Indonesia. Mimbar Hukum 30(1).

Sholehuddin. (2018). Humanisasi Pendidikan; Meneguhkan Sisi Kemanusiaan Dalam Proses Pembelajaran. al-Afkar, Journal for Islamic Studies 1 (2).

Suharno, Samidi. R. (2018). Implementasi Nilai Keadilan Sosial Melalui Pendidikan Persepktif Tgkh Zainuddin Abdul Majid. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya 3(2).

Sulastri, dkk. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7 (3).

Utami, D., & Susanti, R. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai-nilai Pancasila sebagai Identitas Manusia Indonesia di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01).

Utomo, P., & Prayogi, F. (2021). Literasi Digital: Perilaku Dan Interaksi Sosial. Indonesian Journal Of Social Science Education (IJSSE).

VF, Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6).

Yudi. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Bandung: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.