Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas IV di MI Ihyaul Islam I
Abstract
Dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui (1). Bagaimana bentuk penggunaan gadget siswa kelas IV di MI Ihyaul Islam I, (2). Bagaimana dampak positifnya atau dampak negatifnya dalam menggunakan gadget pada perilaku sosial siswa, (3). Bagaimana upaya orang tua dan guru dalam mengatasi dampak negatif pada penggunaan gadget. Perilaku sosial ialah interaksi antar individu dalam membentuk hubungan dapat saling berkaitan, dan perilaku sosial antar individu mempengaruhi sebagai faktor yang paling dominan. Gadget adalah sebuah benda (barang elektronik atau alat) teknologi kecil yang berfungsi tertentu, namun sering kaitkan sebagai sebuah inovasi atau benda baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di MI Ihyaul Islam I pada siswa kelas IV. Informan penelitian adalah 16 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta pencatatan. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan, bahwa penggunaan gadget pada siswa kelas IV di MI Ihyaul Islam I adalah 1). Bentuk penggunaan gadget berupa Game Online yaitu Mobile Legends, free fire, Stumble Guys dan Bus Simulator dengan durasi 3-5 jam dalam sehari, game offline Minecraft dengan durasi 3-4 jam dalam sehari, menonton youtube dengan durasi 2-3 jam dalam sehari dan menonton tiktok dengan durasi 3-4 jam dalam sehari. Penggunaan gadget ini mempunyai dampak negatif dan Positif. 2). Dampak negatif dalam penggunaan gadget adalah kurang aktif dalam bersosialisasi, Ketidaktahuan terhadap lingkungan sekitar, kurang sikap ramah kurangnya waktu bermain bersama teman, anak menjadi malas beraktivitas, lambat dalam memahami pelajaran, banyak konten negative sehingga mosi mentalnya terganggu. Sedangkan dampak positifnya adalah siswa lebih mudah berkomunikasi, menghibur anak, meningkatkan pengetahuan (kecerdasan), kenyamanan belajar, wawasannya menjadi luas 3). Upaya dalam mencegah anak yang ketergantungan dalam menggunakan gadget adalah orang tuanya harus melakukan pembiasaan-pembiasaan, memberi nasihat, arahan, dan pengertian mengenai dampak buruk, memberikan jam atau batasan waktu, orang tua tidak bermain gadget di hadapan anaknya, tegas dan di siplin, mengontrol konten atau aplikasi yang di gunakan anak, dari pihak guru membantu dengan membimbing, memberi pemahaman, dan memberikan pengaturan yaitu dengan melarang untuk membawa gadget ke sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, Rika Agustina. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja Di Samarinda” 4 (n.d.).
Angga, Pande Made Weda, I Komang Sudarma, and I Kadek Suartama. “E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Edutech Undiksha 8, no. 2 (September 30, 2020). https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.
Azizul, Azizul, Widya Yuliatin Riski, Devi Indah Fitriyani, and Ira Nofita Sari. “Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Materi Gerak.” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 11, no. 2 (November 23, 2020). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829.
Dewi, Eva. “Potret Pendidikan Di Era Globalisasi Teknosentrisme Dan Proses Dehumanisasi.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (June 6, 2019). https://doi.org/10.32533/03105.2019.
Hudaya, Adeng. “Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik.” Research and Development Journal of Education 4, no. 2 (December 31, 2018). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380.
Jalilah, Siti Rahmi. “Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Fisik Dan Perubahan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (November 23, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716.
Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (August 10, 2018). https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
Mildayani Suhana, “Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development,” in Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017) (International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017), Padang, Indonesia: Atlantis Press, 2018), https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.58.
Nizar, Al, and Siti Hajaroh. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa.” El Midad 11, no. 2 (December 31, 2019). https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1901.
Oktafia, Dinda Puput, Noor Yunida Triana, and Roro Lintang Suryani. “Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review.” Borneo Nursing Journal (BNJ) 4, no. 1 (January 21, 2022). https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.48.
Parsania, Pankaj S, Nischal M Chavda, and Krunal C Kamani. “Information And Communication Technology & Its Impact In Improving The Teaching And Learning Of English Language,” n.d.
Rini, Nita Monita, Ika Ari Pratiwi, and Muhammad Noor Ahsin. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar” 7, no. 3 (2021).
Saniyyah, Latifatus, Deka Setiawan, and Erik Aditia Ismaya. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Desa Jekulo Kudus.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 4 (August 7, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161.
Surbakti, K. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1) 2017 http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i1.20
Sianturi, Yohana R. U. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 1 (June 4, 2021). https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430.
Suhana, Mildayani. “Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development.” In Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017). Padang, Indonesia: Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.58.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.