Integrasi Filsafat Islam dalam Pembelajaran IPS Materi Menghargai Keanekaragaman Alam Kelas IV MIS Miftahul Ulum Desa Bajur
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya integrasi filsafat islam pada pembelajaran IPS materi menghargai keanekaragaman alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan ayat Al-Qur’an dan Hadist dalam menjelaskan konsep-konsep konservasi alam dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Adapun Proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Pertama, guru menyampaikan materi tentang nilai-nilai islam yang relevan dengan konservasi alam seperti amanah (tanggung jawab), mizan (keseimbangan), dan adl (keadilan) dan menggunakan ayat Al-Qur’an dan Hadist dalam menjelaskan konsep-konsepnya. Kedua, Dalam penerapannya siswa di bentuk kelompok untuk bekerja sama dengan kelompoknya lalu mengilustrasikan keanekaragaman alam di lingkungan mereka, yang di sertai dengan ayat Al-Qur’an dan hadist yang relevan. Hasil dari itu, siswa menunjukkan hubungan antara keanekaragaman alam dan nilai-nilai islam untuk di presentasikan. Dari itu, siswa di didik untuk jujur, kreatif, kritis, rasa ingin tahu peduli dengan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, Amirah Al May. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Ips Pada Kurikulum 2013.” Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 3, no. 1 (May 21, 2021). https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10496.
Hasanah, Fitria Fauziah, and Erni Munastiwi. “Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 1 (April 5, 2019). https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04.
Islam, Imam Dhia Ul. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ips Di Mts Ummul Qura Amuntai,” n.d.
Lubis, Mira Ardilla, Pulung Sumantri, and Hadiani Fitri. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dikelas IV Di SD Negeri 107419 Serdang.” Education & Learning 3, no. 2 (August 1, 2023). https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1035.
Moelong, L.J. “Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Mu’arif, Annisa Nurhidayati, Farahdila Damayanti, Retno Akmalia, Tita Arsfenti, and Darmadi Darmadi. “Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (January 29, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (January 2, 2019). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Sabaruddin, Gufron aziz. “Islam dan Konservasi Lingkungan.” Millah, 06 (2007).
Saputro, Eko. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Cinta Alam.” MUDARRISA: Journal of Islamic Education 7, no. 1 (July 1, 2015). https://doi.org/10.18326/mdr.v7i1.117-146.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, n.d.
Susanto, Akhmad. “Pengembangan Pembelajaran IPS di SD.” In pengembangan pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Kencana, 2014.
Wijayanti, Inggit Dyaning, and Anita Ekantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD” 08 (2023).
Yulira, Melisa Rahma. “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP IT IQRA’ Kota Solok” 7 (2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.