Implementasi Pendidikan Karakter pada Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda

Saipul Hadi, Selvia Anggraini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa penerapan pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam pembentukan kepribadian yang baik pada anak terutama anak sekolah dasar. Karakter yang baik melibatkan nilai-nilai etika, moral, sosial, dan spiritual yang menjadi dasar dalam berperilaku positif dan menghadapi tantangan hidup untuk masa yang akan datang. Maka penerapan pendidikan karakter kepada siswa sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah harus diperhatikan oleh lembaga sekolah/ madrasah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan seluruh unsur sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahan datanya dengan pengecekan kredibilitas. Setelah dilakukan pemeriksanaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar  Islamic Center Samarinda dilaksanakan dengan melalui pembiasaan. Pembiasaan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan dan aktivitas, baik yang berupa harian, mingguan dan bulanan sekolah serta tahunan juga berbagai kegiatan-kegiatan pada program unggulan yang dimiliki oleh Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda. Pembiasaan melalui kegiatan seperti keikutsertaan lomba, literasi “ayo membaca”, market day, kunjungan educatif, studi wisata dan mabit serta outbond dapat memunculkan dan mengasah serta mengembangkan karakter baik peserta didik SD Islamic Center Samarinda.


Keywords


Pendidikan Karakter,Sekolah Dasar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Rabiatul. Evaluasi Program Pendidikan Karakter Kajian Empiris di Sekolah Percontohan. Banjarmasin: Tabura Media. 2020.

Ichsan, Fauqa Nuri. “Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum”, dalam Jurnal Al-Riwayah edisi no.2, Vol.XIII, 2021.

Jannah, Saniatu Nisail. dan Sontani, Uep Tatang. “Sarana dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa”, dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran edisi no.1, Vol.III, 2018.

M, Irham. dan A, Wiyani N. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.

Miles. Huberman, M.B. A.M. dan J, Saldana. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI Press. 2014.

Ni, Laurentius. Melan, Gonsiliana. dan D, Yohanes Wendelinus. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Literasi Pendidikan Dasar edisi no.2, Vol.II, 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. 2018.

Sundaya, Rostina. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2014.

Suwardani, Ni Putu. “QUO VADIS” Pendidikan Karakter Dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI Press. 2020.

Widodo, Hendro. “Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Basicedu edisi no.5, Vol.V, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.