Evaluasi Pembelajaran di MI Bahrul Ulum Belahan Tengah Mojosari
Abstract
Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian atau pengukuran belajar dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor informasi tentang pentingnya memahami dan mengimpelentasikan evaluasi pembelajaran dilembaga pendidikan khususnya tingkat SD/MI yakni di MI Bahrul Ulum Belahan Tengah Mojosari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi kelas, dokumentasi, jurnal akademik, buku, artikel, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil temuan dari penelitian yakni: pertama, efektif dan efisiensi sistem evaluasi pembelajaran pendidikan dasar di MI Bahrul Ulum, kedua peran kepala sekolah dalam pelaksanaan konsep dasar evaluasi pembelajaran yang di laksanakan di MI Bahrul Ulum, ketiga Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melaksanakan konsep evaluasi pembelajaran di MI Bahrul Ulum, keempat pelaksanaan dan waktu evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di MI Bahrul Ulum. Penulis menyarankan agar pihak sekolah terus melanjutkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara konsisten yang dimonitori oleh guru dan kepala sekolah dengan tujuan agar MI Bahrul Ulum senantiasa menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar kurikulum dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, Sudijono. Pengantar Evaluasi. Jakarta: Raja Grafindo Perseda, 2015.
Arifin, Zainul. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Cronbach L. J, Construct validity after thirty years. In R. L. Linn (Ed.), Educational measurement (3rd ed.). New York, NY: Macmillan, 1989.
Depdiknas, Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.
Enilawati, Warlizasusi, J., & Harahap, E. K. (2022). Supervisi dalam Peningkatan Mutu Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 114 Rejang Lebong. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.51494/ta’lim.v1i1.593
Hasanah, Kartini Dwi. Indah Aminatuz Zuhriyah, & Niken Nilna Nurseha, KONSEP DAN PRINSIP Evaluasi Pembelajaran Di MI Miftahul Ulum 1 Gondang. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 2024.
Home, H. H, Filsafat Pendidikan. Jawa Tengah: Desa Pustaka Indonesia, 2021.
House E. R., Evaluating with validity. Beverly Hills, CA: Sage Publications, 1980.
Huljannah Miftha. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. EDUCATOR (Directory Of Elementary Education Journal), 2(2). https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Ina, Magdalena. Fatikah Mulyani, Nuri Fitriyani, and Awalia Hapsa Delvia, Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar DI SDN Bencongan 1. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volum2, Nomor 1, April 2020;87-98 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa RI, K. A. (N.D.).
Muhyidin, Asep. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 4, no. 2 (September 13, 2017). https://doi.org/10.36835/modeling.v4i2.115
Muri, Yusuf. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Resya, Kusuma Ningtyas Pramita. Evaluasi Pembelajaran Dalam Ranah Aspek Kognitif Pada Jenjang Pendidikan Dasar Pada MI Assalafiyah Timbangreja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 2023. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18247
Rossi P. H., & Freeman H. E., Evaluation: A systematic approach (6th ed.). Newbury Park, CA: Sage Publications, 1993.
Scriven. M, Evaluation thesaurus. Newbury Park, CA: Sage Publications, 1991.
Stufflebeam D. L., Evaluation theory, models, and applications. San Francisco, CA: Jossey-Bass, 2007.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Suharsimi, Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Syaiful, Sagala. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung:Alfabeta, 2013).
Tyler R. W., Basic principles of curriculum and instruction (2nd ed.). Chicago, IL: University of Chicago Press, 1969.
Zainul, Arifin. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.