Pengaruh Pendekatan TaRL Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Indonesiaku Kaya Alamnya Kelas V D SD Negeri Wonotingal

Nor Rofiatul Aliyah, Hartonuroso Hartonuroso, Bernardus Irianto, Bagus Saputro Ardi

Abstract


Pendekatan TaRL memang dalam kategori yang jarang digunakan oleh guru dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk persiapan pembelajarannya. Namun menurut peneliti pendekatan ini efisien untuk dapat menghilangkan perbedaan hasil belajar dari peserta didik dengan cara pembahasan materi hingga asesmennya menyesuaikan kemampuannya. Tujuan penelitian yaitu mencari tahu apakah pendekatan TaRL dapat menjadi solusi meningkatnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS atau tidak. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis One-Shot Case Study yaitu cabang dari desain Pre-Experimental Designs. Dipelaksanaan One-Shot Case Study kelompok akan diberi perlakuan dan hasilnya akan diobservasi. Variabel yang akan diberi perlakuan adalah variabel dependen yang mana merupakan hasil belajar IPAS materi Indonesiaku Kaya Alamnya. Penelitian ini menggunakan variabel yaitu variable bebas (X)/ independennya Pendekatan TaRL dan variable terikat (Y)/dependennya hasil belajar IPAS materi Indonesiaku Kaya Alamnya, dengan populasi yang diteliti yaitu kelas VA-VD namun yang digunakan untuk sampel penelitian hanya kelas VD karena keterbatasan waktu yang dimiliki peneliti. Hasil menunjukkan adanya pengaruh pendekatan TaRL terhadap hasil belajar IPAS materi Indonesiaku kaya alamnya dengan nilai Y= 208,584 dengan koefisien korelasinya sebesar 58,5%. Keberartian koefisien juga menunjukkan Fhitung = 23,972 dengan nilai sig. = 0,000.


Keywords


Pendekatan TaRL, Hasil Belajar, IPAS

Full Text:

PDF

References


Adawiyyah, Robi’atul, Ferina Agustini, And Ratna Nina Sari. “Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Siswa SD Kelas II.” As-Sabiqun 6, No. 2 (March 1, 2024). Https://Doi.Org/10.36088/Assabiqun.V6i2.4558.

Alfatonah, Indah Nur Aziza Et Al., “Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Kelas IV.” Accessed June 26, 2024.

Angelia, Mayky Verra, Aries Tika Damayani, And Harto Nuroso. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas I SD Sarirejo Semarang.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, No. 1 (July 2, 2023). Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V8i1.8800.

Cahyono, Susan Dewi. “Melalui Model Teaching At Right Level ( TaRL) Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Nabati Di Kelas X.MIA.3 MAN 2 Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022” 6 (2022).

Fitriani, Siti Nurul. “Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TaRL.” Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, No. 1 (April 10, 2022). Https://Doi.Org/10.37216/Badaa.V4i1.580.

Jariyatussholihah, Jariyatussholihah, Fenny Roshayanti, And Rusmiati Rusmiati. “Implementasi Pendekatan TaRL Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 2.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan Pkm Bidang Ilmu Pendidikan) 5, No. 2 (June 5, 2024). Https://Doi.Org/10.54371/Ainj.V5i2.404.

Laelani, Eka, And Yolli Eka Putri. “Evaluasi Pendekatan Tarl Modifikasi Cadik Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa (Studi Kasus Di Sd Negeri 1 Sumbawa)” 7, No. 1 (2024).

Mutiaramses, Mutiaramses, Neviyarni S, And Ida Murni. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6, No. 1 (July 2, 2021). Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V6i1.4050.

Nikmah, Shofiatun, Harto Nuroso, And Fine Reffiane. “Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2, No. 2 (June 26, 2019). Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i2.17920.

Peto, Josmartin. “Melalui Model Teaching At Right Level (TaRL) Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Penguatan Karakter Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris KD. 3.4/4.4 Materi Narrative Text Di Kelas X.IPK.3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022” 6 (2022).

Rachma, Larasati Nur, And Ninik Djoehartini. “Pemanfaatan Asesmen Diagnostik Untuk Merancang Kegiatan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL” 06, No. 03 (2024).

Rani, Putri Rika, Ani Lestari, Fadzilatul Mutmainah, Khardianti Alviani Ishak, Rika Delima, Pariang Sonang Siregar, And Eni Marta. “Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Journal For Lesson And Learning Studies 4, No. 2 (September 7, 2021). Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V4i2.34570.

Santi, Mentari Dharma, And Harto Nuroso. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Diorama Pada Kelas V Sdn Brumbung,” N.D.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif Dan R&D. 2015th Ed. 22. Bandung: Alfabeta, N.D.

Tsaaqib, Annajmuts, Achmad Buchori, And Dhian Endahwuri. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA.” Jipmat 7, No. 1 (April 24, 2022). Https://Doi.Org/10.26877/Jipmat.V7i1.9950.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.