IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MEDIA POP UP BOOK TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Ricka Tesi Muskania, Arita Marini, Arifin Maksum

Abstract


Pendidikan multikultural memberikan kesempatan yang sama bagi peserta didik untuk dapat memiliki segala interaksi dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda. Hal ini akan membentuk generasi Indonesia menjadi unggul dan membanggakan yang menjadikan keanekaragaman sebagai kekayaan yang mempersatukan bangsa Indonesia. Dalam pendidikan tematik guru harus dapat mengintegrasikan beberapa materi dalam suatu tema dengan merangkul peserta didik dalam proses pembelajarannya sehingga peserta didik menikmati proses pembelajaran yang berlangsung tanpa deskriminasi terhadap kelompok minoritas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatof dengan rancangan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran pelaksanaan pembelajaran tematik dapat dilaksanakan berbasis multikultural karena di usia sekolah dasar perlu penanaman nilai-nilai toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan.

Keywords


Pendidikan multikultural, pembelajaran tematik, pop up book

Full Text:

PDF

References


Afifah, N. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multikultur dan Budaya di SD / MI Nurul Afifah Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Jurai Siwo Metro Lampung Pendahuluan Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang pluralistik ( baik agama , rasionalisme , etnis , tradi. Ar-Riyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01).

Aragona-Young, E., & Sawyer, B. E. (2018). Elementary teachers’ beliefs about multicultural education practices. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 24(5), 465–486. https://doi.org/10.1080/13540602.2018.1435527

Ariyani, O. dkk. (2019). 1.材料 2.施工法関連 3.安全衛生関連. Journal of the Japan Welding Society, 3(5), 113–124.

Farmasi, J., & Dan, S. (2017). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 14(1), 55–64.

Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 80–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p80-92

Pratiwi, I. A., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2018). Pendidikan Multikultural Berbantuan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 109–119. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p109-119

Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Dalam Kegiatan SFH (School from Home). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796

Senez-Gagnon, F., Thiffault, E., Paré, D., Achim, A., Bergeron, Y., Bazoge, A., Lachance, D., Villeneuve, C., Simulé, L., Steve, C., Biléya, D. N. A., Immigration, M. De, Francisation, D., Groupe de travail sur les terres Humides, Howie, S. A., Van Meerveld, I., Deat, E., Langlois, M. N., Price, J. S., … Sequestration, P. D. E. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Ministère Du Développement Durable, de l’Environnement et de La Lutte Contre Les Changements Climatiques, Direction de l’expertise En Biodiversité et Direction de l’aménagement et Des Eaux Souterraines, 2014(August), 1–43. http://dx.doi.org/10.1016/j.scitotenv.2014.10.007

Subandi, S., Fauzan, A., Afriyadi, M. M., & Ramli, M. (2019). Implementation of Multicultural and Moderate Islamic Education at the Elementary Schools in Shaping the Nationalism. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 247–255. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i2.5003

Sutjipto, S., Wibowo, U. B., & Hastutiningsih, A. D. (2017). Implementasi Kurikulum Multikultural Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.618

Wartini, A. (2015). Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Keindonesiaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Integrasi Ilmu Ke-Islaman Dan Karakter Kebudayaan Indonesia (Studi Kasus di Sanggar Anak Alam Yogyakarta). Toleransi, 7(1), 41–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i1.394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.