EFEKTIVITAS METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD ISLAM AL-AZHAR 47 SAMARINDA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Didink Agustien, Abdul Razak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar metode problem solving efektif pada hasil belajar matematika kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda pada masa pandemi covid-19. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kesenangan siswa pada mata pelajaran matematika, strategi pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengujian keabsahan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika metode problem solving lebih tinggi daripada nilai hasil belajar matematika metode konvensional. Hasil uji normalitas pada hasil pretest kelompok eksperimen memiliki taraf signifikansi sebesar 0,409 dan hasil posttest memiliki taraf signifikansi sebesar 0,72. Sedangkan hasil pretest kelompok kontrol memiliki taraf signifikansi sebesar 0,16 dan hasil posttest memiliki taraf signifikansi sebesar 0,594. Hasil rekapitulasi uji homogenitas hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,913. Hasil posttest uji independent t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan t hitung sebesar 0,074 > dari t tabel sebesar 2,021 (Df ke 40) atau nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,074 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa metode problem solving efektif digunakan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar.

Keywords


problem solving, hasil belajar matematika, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal, dkk. “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19”. Dalam Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan edisi no. 1. Vol. 5. Mei 2020.

Aji, Rizqon Halal Syah. “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”. Dalam Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i edisi no. 5. Vol. 7. 2020.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan edisi no. 1. Vol. 2. April 2020.

Emilia. dkk, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Dengan Menggunakan Metode Problem Solving”. Dalam Jurnal Basicedu edisi no. 1.Vol. 3. 2019.

Firman dan Rahman, Sari Rahayu. “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Dalam Journal of Educational Science edisi no. 2. Vol. 02. Maret 2020.

Fitrianingtyas, Anggraini. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02”. Dalam Jurnal Mitra Pendidikan edisi no. 6. Vol. 1. Agustus 2017.

Handayani, Kisty, dkk. “Implementasi Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD”. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat edisi no. 2. Vol. 12. 2019.

Herliandry, Luh Devi, dkk. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan edisi no. 1. Vol. 22. April 2020.

Hikmah. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD”. Dalam Jurnal Saintifik edisi no. 1. Vol. 3. Januari 2017.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2016.

Negara, Hasan Sastra. Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD. Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja. 2014.

Pakpahan, Roida dan Fitriani, Yuni. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19”. Dalam Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh edisi no. 2. Vol. 4. Mei 2020.

Pujilestari, Yulita. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19”. Dalam Jurnal Buletin Hukum dan Keadilan edisi no. 1. Vol. 4. 2020.

Rahayu, Sitti dan Hidayati, Wahyu Nur. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat 1 Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang”. Dalam Jurnal JPSD edisi no. 2. Vol. 4. September 2018.

Razak, Abdul dan Rumainur. “Efektivitas Penggunaan Multimedia Auto Play Etnik Kalimantan Timur Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Fastabiqul Khairat Kelas VI Di Kota Samarinda”. Dalam Jurnal JMIE edisi no. 2. Vol. 1. 2018.

Setiawan, Adib Rifqi. “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Corona Virus (Covid-19)”. Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan edisi no. 1. Vol. 2. April 2020.

Siagian, Muhammad Daut. “Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika”. Dalam Journal of Mathematics Education and Science edisi no. 1. Vol. 2. Oktober 2016.

Sriyanto. Mengobarkan Api Matematika. Sukabumi: CV Jejak. 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2017.

Sutarmi, Ketut dan Suarjana, I Md. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPA”. Dalam Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar edsi no. 2. Vol. 1. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i1.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.