PERILAKU AGRESIF ANAK DISEBABKAN ORANG TUA MERANTAU

Dita Ratna Sari, Mizaniya Mizaniya, Ahmad Noviansah

Abstract


Didalam tulisan ini memfokuskan kepada tingkah laku agresif anak yang disebabkan orang tua meratau di pendidikan formal yaitu SDN Delegen 3. Latar belakang penelitian ini yaitu anak yang bertingkah laku agresif ditinggalkan oleh kedua orang tuanya merantau sehingga anak yang berperilaku agresif ini kurang kasih sayang, perhatian, didikan, dan bimbingan dari orang tuanya, dimana seluruh pengasuhan & didikan diserahkan terhadap neneknya sehingga mengakibatkan bertingkah laku agresif di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkah laku agresif anak pada pendidikan formal dan mengetahui akibat yang yang ditimbulkan dari tingkah laku agresif terhadap pribadi sendiri. Metode penelitian ini menggunaka penelitian study kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Lalu timbullah hasil penelitian yaitu perilaku agresif anak yang ditinggal orang tuannya merantau pada pendidikan formal terdapat empat jenis bentuk: agresif secara fisik, agresif secara verbal, kemarahan, serta permusuhan. Pertama, bentuk tingkah laku agresif seperti mementung (menggebuk), menjorokkan (memerosokkan), mencengkam, menerjang, menghalangi ialah memperlihatkan kategori agresif secara fisik. Kedua, DA bentuk tingkah laku agresif mengucapkan seperti mengejek (meledek), berkata kasar ialah memperlihatkan kategori agresif secara verbal. Ketiga, DA bentuk tingkah laku agresif seperti mengancam, serta melantingkan pena memperlihatkan kategori kemarahan dimana apabila tidak tercapai tujuan yang diinginkan. Keempat, DA bentuk tingkah laku agresif tidak memperlihatkna perasaan sentimen ataupun curiga terhadap orang lain sehingga pada penelitian ini untuk kategori permusuhan tidak tampak.

Keywords


Perilaku Agresif, Orang Tua, Merantau.

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, Anak Agung Ngurah. (2013). Bimbingan dan Konseling Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anantasari. (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Chairunnissa, Connie. (2007). Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Djanaid, Djanalis., dan Maharjo. (2011). Manajemen dan Leadership dalam Budaya Minangkabau. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Fathi, Bunda. (2011). Mendidik Anak dengan Al-Qur’an Sejak Janin. Jakarta: Grasindo.

Fitrah, Muh., dan Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian (Penelitia Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus). Jawa Barat: CV Jejak.

Gunarsa, Yulia Singgih D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hidayat, Komaruddin., dan Khoiruddin Bashori. (2016). Psikologi Sosial: Aku Kami dan Kita. Jakarta: Erlangga.

Indonesia, CNN. (2018). Diunduh dari laman web https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181222032125-284-355682/pilihan-ibu-berkarier-atau-mengurus-anak-tak-pernah-salah Pada tanggal 02 Februari 2019 Pukul 10.10 WIB.

PAI, Tim Dosen. (2016). Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Statistik, Berita Resmi. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018. Diunduh dari laman web http://www.turc.or.id/wp-content/uploads/2018/06/BPS_Berita-Resmi-Statistik_Keadaan-Ketenagakerjaan-Indonesia-Februari-2018.pdf Pada tanggal 04 Desember 2018 pukul 14.45 WIB.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, Titin. (2011). Agresivitas Anak (Suatu Studi Kasus). Jurnal Proyeksi, 6(1), 53-61.

Syamaun, Nurmasyithah. (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Wahyuning, Wiwit., Jash dan Metta Rachmadiana. (2003). Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputido.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i1.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.