Implementasi Pendekatan TaRL Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN Wonotingal

Mustika Sylvia Nurul Widaningsih, Noor Miyono, Bernardus Irianto, Bagus Ardi Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas VC sebanyak 29 peserta didik dan lokasi penelitian di SDN Wonotingal Kota Semarang. Sumber data yang digunakan berupa pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), informan yang terlibat, dokumen dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan TaRL melalui pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan tahap-tahap pendekatan TaRL yaitu melakukan asesmen diagnostik, mengelompokkan tingkat pemahaman peserta didik, menyusun rancangan pembelajaran berdiferensiasi, pelaksanaan pembelajaran, dan melakukan refleksi serta evalausi pembelajaran. Sehingga pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat mengakomodir karakteristik, kebutuhan dan pemahaman peserta didik di kelas VC serta menciptakan pembelajaran yang berpihak dan memerdekakan peserta didik.


Keywords


Implementasi, Pendekatan TaRL, Pembelajaran Berdiferensiasi, IPAS

Full Text:

PDF

References


’Adawiyyah, Robi’atul, Ferina Agustini, and Ratna Nina Sari. “Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Siswa SD Kelas II.” AS-SABIQUN 6, no. 2 (March 1, 2024). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i2.4558.

Ahyar, Ahyar, Nurhidayah Nurhidayah, and Adi Saputra. “Implementasi Model Pembelajaran TaRL Dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik Di Sekolah Dasar Kelas Awal.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 11 (2022). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242.

Andajani, Kudubakti. “Modul Pembelajaran Berdiferensiasi.” Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru 2 (2022).

Apriliani, Putri Ica, Muhammad Prayito, Fitria Miftakhul Jannah, Pendidikan Profesi Guru, and Universitas Pgri Semarang. “Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level ( Tarl ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01.” Journal Of Social Science Research 4, no. 2 (2024).

Ayu Sri Wahyuni. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 2 (2022). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Emiliani, Sugiarti, and Temawati. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan TaRL.” Journal of Teacher Professional 2, no. Agustus (2023).

Estari, Aan Withi. “Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 3, no. 3 (November 1, 2020). https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953.

Himmah, Fakinatul Izzun, and Nursiwi Nugraheni. “Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045.

Peto, Josmartin. “Melalui Model Teaching At Right Level ( TARL ) Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Penguatan Karakter Dan Hasil Belajar Narrative Text Di Kelas X . IPK . 3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022).

Pratiwi, Brillianing, and Kusnindyah Puspito Hapsari. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia” 4, no. 2 (2020).

Roshayanti, Fenny. “Implementasi Pendekatan TaRL Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 2” 5 (2024).

Saputro, Eko Wahyu, Ani Rakhmawati, and Reni Sunarno. “Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level ( TaRL ) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Surakarta.” BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan 2, no. 1 (2024).

Sari, Anita, Noor Miyono, and Lilik Puji Rahayu. “Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Untuk Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas 1 SD Supriyadi 02 Semarang.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 2 (2024).

Siregar, Mira Yosefa. “Memberikan Pendidikan Pentingnya Ilmu Komputer Dan Manajemen, Semangat Anti Narkoba Dan Berprestasi Siswa Di Masa Pandemi Untuk Masa Depan Yang Gemilang Di SMAN 2 Medan.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (August 24, 2022). https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2894.

Wulandari, Gusti Ayu Putu Trisna Wulandari, Ida Bagus Putrayasa, and I Nengah Martha. “Efektivitas Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 3 (2023). https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.3962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.