Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Gamefication Menggunakan Website Genially Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Mojopurno 01
Abstract
Terjadinya dominasi pada metode ceramah membuat peserta didik jenuh yang membuahkan penurunan hasil belajar dari peserta didik sehingga perlu bagi guru untuk melakukan inovasi pada media yang digunakan salah satunya menggunakan media pembelajaran berbasis gamification menggunakan website Genially. Penelitian ini sendiri bertujuan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan bantuan website Genially sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Mengenali Sejarah NKRI” pada peserta didik kelas V SDN Mojopurno 01. Penelitian ini berjeniskan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pada perwujudannya memiliki beberapa tahapan antara lain yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini antara lain seperti dokumen observasi dan tes. Hasil dari penelitian pra siklus mempertunjukkan bahwa hasil rerata ketuntasan peserta didik sebesar 30%, pada siklus I memperoleh presentase 40% dan meningkat dengan persentase angka berada pada 80% pada siklus II. Sehingga dapat ditarik simpulan bahwa media pembelajaran berbasis gamification menggunakan website Genially dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Mengenali Sejarah NKRI”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amita Tri Prasasti, Pinkan, and Candra Dewi. “Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 1 (April 2, 2020). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24280.
Anggraeni, Nur Oktavia, Effy Mulyasari, and Shylvia Desty Gazella. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Permainan Ular Tangga Digital pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 3 Sekolah Dasar.” Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 2 (April 1, 2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3443.
Anggraini, Meina Candra, and Firosalia Kristin. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 10 (October 1, 2022). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1015.
Chamidah, Dina, Suryadin Hasyda, Sari Saraswati, Julhidayat Muhsam, Wanda Nugroho Yanuarto, and Masfa Maiza. “Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis.” CV. Adanu Abimata,
Fatma, Nailah and Ichsan. “Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah.” Genderang Asa: Journal of Primary Education 3, no. 2 (December 24, 2022). https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.955.
Ischaq, Diah Fitriani Maula, Nafiah Nafiah, and Aris Budianto. “Penerapan Pendekatan Crt Berbantuan Media Genially Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Sdn Karah 1/411 Surabaya.” Jurnal Pena Karakter 5, no. 1 (July 11, 2024). https://doi.org/10.62426/jpk.v5i1.36.
Pamungkas, Sigit. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz.” MAJALAH LONTAR 32, no. 2 (November 29, 2020). https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306.
Permatasari, Stefanni Viga Gracia, Pujayanto Pujayanto, and Ahmad Fauzi. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Genially Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis Model VAK Learning.” Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika 11, no. 2 (September 25, 2021). https://doi.org/10.20961/jmpf.v11i2.49235.
Rahmasiwi, Dwinda Susi, Candra Dewi, and Pinkan Amita Tri Prasasti. “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 4, no. 1 (March 7, 2023). https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.14383.
Usman, Jarjani, Husna M Zein, and Abzari Jafar. “Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),”
Wadud, Ahmad Jauharul, and Siti Lailiyah. “Pengaruh Media Ular Tangga Berbasis Genially terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika 4, no. 1 (June 14, 2024). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1579.
Wahidah, Alfionita Nurul, Maya Kartika Sari, and Ivayuni Listiani. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sdn Sekarputih” 2.
Widiastuti, Ratna, Ika Candra Sayekti, and Rita Eryani. “Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (July 11, 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1161
Winda,Rose. Febrina Dafit. Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4, No. 2 (2021).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4008
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.