Implementasi Media Pembelajaran Game Kuis dengan Website Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Ayu Diah Putri Hidayati, Farida Huriawati, Supadmiati Supadmiati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menangani permasalahan peserta didik yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM, dikarenakan peserta didik bosan dan kurang termotivasi untuk belajar, selain itu penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media game kuis dengan website genially pada peserta didik kelas IV SD Negeri Mojopurno 01 Madiun. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini, yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas  (PTK)  dilaksanakan selama 2 siklus, melalui beberapa tahapan dalam pelaksanaannya, yaitu melaksanakan perencanaan (planning), melakukan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta analisis dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian yang diperoleh dari pembelajaran pra siklus menunjukkan  rata-rata ketuntasan belajar peserta didik sebesar 29%, pada sikus I meningkat 43%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 86%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media game kuis dengan website genially sangat efektif untuk memperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS bab 8 “Membangun Masyarakat yang Beradab”.


Keywords


Game kuis, Genially, SDN Mojopurno 01 Madiun

Full Text:

PDF

References


Chamidah, Dina, Suryadin Hasyda, Sari Saraswati, Julhidayat Muhsam, Wanda Nugroho Yanuarto, and Masfa Maiza. “Panduan Lengkap Dan Praktis,”.

Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, and Tyasmiarni Citrawati. “Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah.” Jurnal Pendidikan Mipa 10, no. 1 (June 30, 2020). https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277.

Darmawan, Nurani Hadnistia, Ardi Cahyadireja, Hilman Hilmawan, and Windy Dwi. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Genially Dengan Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09 no 2 (2024).

Farhana, Husna, Awiria. Nurul Muttaqien. “Penelitan Tindakan Kelas,”. Jakarta: 2019.

Fatma, Nailah and Ichsan. “Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah.” Genderang Asa: Journal of Primary Education 3, no. 2 (December 24, 2022). https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.955.

Hafiyya, Nidaan, and Muhamad Sofian Hadi. “Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Education Game Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Matematika,” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 no. 2 (2023).

Komariyah, Siti, and Ahdinia Fatmala Nur Laili. “Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika) 4 no 2 (2018)”.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (June 27, 2018). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pamungkas, Sigit. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz.” Majalah Lontar 32, no. 2 (November 29, 2020). https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306.

Wadud, Ahmad Jauharul, and Siti Lailiyah. “Pengaruh Media Ular Tangga Berbasis Genially terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika 4, no. 1 (June 14, 2024). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1579.

Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (April 15, 2020). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Widayati, Ani. “Penelitian Tindakan Kelas,”Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol VI No.1 (2008).

Widiastuti, Ratna, Ika Candra Sayekti, and Rita Eryani. “Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (July 11, 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1161.

Wulandari, Amalia Rizki, Masturi Masturi, and Fina Fakhriyah. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (August 28, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251.

Yolanda, Anisya, and Rini Sri Indriani. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially Pada Materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08 no 1 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.