Analisis Keterampilan Siswa dalam Membaca Melalui Kartu Kata Bergambar Kelas 2 SD Kanisius Baturetno Wonogiri
Abstract
Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa pada jenjang pendidikan dasar, karena menjadi fondasi bagi keberhasilan pembelajaran di berbagai bidang. Namun, di SD Kanisius Baturetno, Wonogiri, ditemukan bahwa beberapa siswa kelas 2 masih menghadapi kesulitan dalam mengenal kata, memahami makna, dan membaca dengan lancar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 SD Kanisius Baturetno menggunakan metode kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), dengan menggunkan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, mengikuti model Kurt Lewin. Pada siklus I, 60% siswa mencapai ketuntasan, sementara 40% masih kesulitan. Setelah evaluasi, siklus II dilaksanakan dengan penekanan pada interaksi aktif dan diskusi kelompok, menghasilkan 100% ketuntasan. Pembelajaran dengan metode TGT dan kartu kata bergambar efektif meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan keterampilan membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran interaktif yang fokus pada kebutuhan siswa dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca pada tahap awal pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amini, Nur, and Suyadi Suyadi. “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini.” PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9, no. 2 (2020). https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.
Anwaroti, Ismatul, and Syafiq Humaisi. “Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa.” ASANKA: Journal of Social Science And Education 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2204.
Ardhaenu, Endang Sri Martini. “Pemanfaatan Wayang Fabel Karton Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicarasiswa Kelas VII I Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 28 Surabaya Tahun Pelajaran 2018-2019.” Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma 8, no. 1 (2021).
Arent, Ease, and Emelda Thesalonika. “Pengaruh Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd.” Journal of Innovation Research and Knowledge 1 (2021).
Azkia, Nanda Milati. “Implementasi Penggunaan Metode Pengenalan Huruf Hidup Tanpa Mengeja Dalam Pembelajaran Membaca Awal Anak Usia Dini Di Desa Kober,” no. July (2020).
Azkia, Nura, and Nur Rohman. “Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD/MI” Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2020).
Dudi, Josef, and Rizki Yudha Bramantyo. “Keluarga Sebagai Basis Kerukunan Umat Beragama Di Sei Gohong, Palangka Raya Kalimantan Tengah.” Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i2.607.
Gading, I Ketut, Mutiara Magta, and Fenny Pebrianti. “Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” Mimbar Ilmu 24, no. 3 (2019). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417.
Jasiah, Jasiah, Mayasari Mayasari, Paulus Haniko, Eny Munisah, Ela Pebriani, Berta Apriza, and I Putu Agus Dharma Hita. “Media Kartu Bergambar Untuk Anak Usia Dini: Apakah Memiliki Pengaruh Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar?” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 6 (2023). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5599.
Mayar, Farida, and Yeni Astuti. “Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021).
Mu’alimin, Mu’alimin. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Praktik. Jawa Timur: Ganding Pustaka, 2014.
Ningtyas, Septiana Ika. “Penggunaan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Berpikir Kreatif Siswa.” Research and Development Journal of Education 9, no. 2 (2023). https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19392.
Purwanti, Endah, and Dodi Ahmad Haerudin. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8, no. 2 (2020). https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429.
Silvia, Herlina Emmi. “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 5, no. 4 (2019).
Sulistyanti, Lilis, Jeckson Siahaan, and Eka Junaidi. “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia.” Chemistry Education Practice 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137.
Susilo, Agus Agus. “Peran Guru Sejarah Dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649.
Utari, Anggelia Fatria. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas I Sekolah Dasar.” Journal Universitas Jambi, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4013
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.