Penerapan Media Papan Ekonomi Materi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Mojorayung 01
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini nilai peserta didik yang rendah, Penggunaan media papan ekonomi agar meningkatkan hasil belajar pada materi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam kegiatan ekonomi peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2024/2025, yang melatar belakangi penelitian ini ialah guru tidak memakai media dalam membimbing, pembelajaran masih satu arah, dimana guru mendominasi saat pelajaran belangsung maka peserta didik menjadi tidak sungguh-sugnguh dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media papan ekonomi dalam pembelajaran materi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam kegiatan ekonomi serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Mojorayung 01. Metode penelitian yang dijalankan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data yang digunakan ialah peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dengan jumlah peserta didik 24. Observasi dilaksanakan bertujuan untuk memaparkan cara memajukan hasil belajar pada materi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Siklus 1 dilaksanakan tanggal 27 Mei 2024 dan Siklus II dilakukan pada tanggal 3 Juni 2024. Dampak pembelajaran peserta didik pada siklus I hanya 22 Peserta didik (92%) yang menghasilkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II melambung menjadi 24 siswa (100%) hasil penelitian meningkat. Kesimpulan hasil penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan media papan ekonomi mampu memajukan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Mojorayung 01 pada tema pemanfaatan lingkungan sekitar dalam kegiatan ekonomi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alakrash, Hussien Mohamad, and Norizan Abdul Razak. “Technology-Based Language Learning: Investigation of Digital Technology and Digital Literacy.” Sustainability 13, no. 21 (November 8, 2021): 12304. https://doi.org/10.3390/su132112304.
Ambarwati, Ambarwati, Situ Asih, and Dwiyono Putranto. “Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Siswa Kelas V Di SD Negeri Giyono Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung).” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (October 25, 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2681.
Az-zahra, Fatimah, Nadya Nizar Syafina, and Selviana Willhelmina Kue. “Pengelolaan Kurikulum Dan Pembelajaran Sebagai Pendukung Keberhasilan Pembelajaran Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 2, no. 2 (2023).
Azzahra Kamila Cahyani Masdar, Lailatun Nadira, Yova Murnika, and Wismanto Wismanto. “Pemilihan Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Meningkatkan Hasil Pencapaian Belajar Peserta Didik.” Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan 1, no. 3 (May 10, 2024). https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.243.
Dara Asshofi, Muhammad Prakas, Aries Tika Damayani, and. Rofian. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (November 30, 2019). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881.
Fahmi, Dina Chamidah, Suryadin Hasyda, Muhammadong, Sari Saraswati, Julhidayat Muhsam, Laily Rochmawati Listiyani, et al. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021.
Farhana, Husna, and Awiria. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cedas, 2019.
Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. “Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5, no. 1 (July 24, 2019). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Muin Abdul, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, and Suprapno. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Lestari, Indah. “Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3, no. 2 (August 11, 2015). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118.
Rahayu, Kurnia. TPS-TEGA: Penerapannya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.
Rejeki, Rejeki, M Fachri Adnan, and Pariang Sonang Siregar. “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (March 30, 2020): 337–43. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351.
Saptono, Yohanes Joko. “Motivasi Dan Keberhasilan Belajar Siswa.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016). http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9.
Satriani, Satriani. “Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus).” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, no. 1 (February 26, 2018). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590.
Savira, Annisa’ Ni’ma, and Rahma Fatmawati. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif”. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 1 no.1 (2018).
Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (April 15, 2020). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dyah Julia Wulandari, Asri Musandi Waraulia, Sri Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.