Implementasi Baamboozle Game pada Materi Keanekaragaman Hayati di SDN Mojopurno 01 Kabupaten Madiun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi Baamboozle Game pada materi keanekaragaman hayati di kelas V SDN Mojopurno 01 Kabupaten Madiun. Keanekaragaman hayati sering dianggap sulit oleh siswa karena melibatkan banyak konsep dan pengetahuan yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan total 9 peserta didik sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Baamboozle Game secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra siklus, 44,4% siswa mencapai KKM dengan rata-rata nilai 70,89%. Pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 66,7% dengan rata-rata nilai 76,89%. Selanjutnya, pada siklus II, ketuntasan mencapai 88,9% dengan rata-rata nilai 83,33%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Baamboozle Game efektif dalam membuat pembelajaran keanekaragaman hayati lebih menarik dan membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih baik. Kesimpulannya, implementasi Baamboozle Game dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam memahami konsep keanekaragaman hayati.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusti, Nurul Maulia, and Aslam Aslam. “Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 16, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” ISLAMIKA 3, no. 1 (January 31, 2021). https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.
Ardiningsih, Dini. “Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 6, no. 1 (April 30, 2019). https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725.
Bahri, Saiful, Abdul Mutaleb, Taufik Gunawan, and Zamzami Zainuddin. “Implementasi Game Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Menyenangkan Di Masa Pandemi Covid-19,” 2021.
E.L., Yuliani, and Heri V. Keanekaragaman Hayati - Pengenalan Materi untuk Pengembangan Kurikulum Merdeka dan Muatan Lokal Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kapuas Hulu. Center for International Forestry Research (CIFOR), 2023. https://doi.org/10.17528/cifor/008808.
Gultom, Gus Muliadi, and Anny Wahyuni. “Implementasi Media Game Baamboozle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Fase F.4 Sma N 10 Kota Jambi,” n.d.
Julhadi, Desi Susilawati, Dr Silvia Rosa, M Hum, Prasanti Adriani, et al. “Metodologi Penelitian Pendidikan,”. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
Lubis, Rahmad Fauzi. “Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16, no. 1 (June 24, 2019).
Murti, Maulana, Mudeing Jais, and Firdaus Rahim. “Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba.” Jurnal Kependidikan Media 12, no. 3 (November 9, 2023). https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13026.
Parende, Uri’ Sinta, and Widi Syahtia Pane. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 pada Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara” SISTEMA: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2020).
Ramadhan, Ali, and Ahmad Nadhira. “Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan.” Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (July 25, 2022). https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632.
Septian, Irwin. “Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pmipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak,” n.d.
Somawati, and Siti Julaeha. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Non Teknologi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 2019.
Syamsuar, and Reflianto. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (May 24, 2019). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343.
Wicaksono, Dirgantara. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten,” Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD 3 no. 2 (2019).
Yulianto, Agus. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Sdn 42 Kota Bima” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar: PENDIKDAS 01, no. 02 (2021).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4061
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.