Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Menggunakan Media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Siti Laela, Isrok’atun Isrok’atun, Riana Irawati

Abstract


Banyak siswa sekolah dasar seringkali mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal perkalian. Perkalian adalah suatu konsep matematika dasar yang dapat membantu siswa memahami konsep lebih lanjut. Pemahaman konsep perkalian menjadi kunci penting dalam pembelajaran matematika di tingkat dasar, dan penggunaan media dapat memberikan kontribusi positif dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menindaklanjuti permasalahan rendahnya pemahaman siswa mengenai konsep perkalian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep perkalian setelah digunakannya media Takalintar dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD di Kecamatan Sumedang Utara, sedangkan untuk sampel yang diambil adalah siswa kelas III di SD Negeri Tegalkalong dengan sampel kelas eksperimen sebanyak 30 orang siswa dan sampel kelas kontrol berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes pemahaman konsep perkalian yaitu berupa pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan bagi kedua kelas dan lembar angket respons siswa setelah menggunakan media Takalintar bagi kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian didapati adanya peningkatan pemahaman konsep perkalian setelah digunakannya media Takalintar yang menunjukkan nilai n-gain sebesar 0,41 di kelas eksperimen dengan kategori sedang dan n-gain di kelas kontrol sebesar 0,23 dengan kategori rendah. Media Takalintar ini sangat menarik untuk digunakan, selain itu media ini juga mempermudah dan membantu siswa dalam menyelesaikan persoalan perkalian.


Keywords


Media Takalintar, Pemahaman Konsep Perkalian, Siswa Kelas III SD

Full Text:

PDF

References


Awal, Raina K, and Yusraningsih H Pongoliu. “Kemampuan Menghitung Volume Kubus dan Balok Dengan Menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar,” n.d.

Dwiyono, Yudo, and Hesty Kala’ Tasik. “Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu.” Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021.

Febrianingrum, Linda. “Peran Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh 2, no. 2 (November 30, 2022). https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7985.

Hafifah, Maulana, Riana Irawati, Dea Nur. “Pengembangan Media Pembelajaran Pinkal Berbasis Soal Cerita Pada Materi Perkalian Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Dasar, 2024. https://doi.org/10.21009/JPD.XXX.

Himmah, Khusnul, Jamal Makmur Asmani, and Latifah Nuraini. “Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 1, no. 1 (February 25, 2021). https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270.

Ishak, Ilmi Ramdana, and Erma Suryani Sahabuddin. “Pengaruh Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas II SD Islam Cokroaminoto 1 Kota Makassar,” 2022.

Isrok’atun. Memahami Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD. Bumi Aksara, 2021.

Kurniawati, Lailita Nurfi. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2, no. 2 (February 1, 2022). https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.52.

Lutfia Reniyanti Kusuma and Hestu Wilujeng. “Pengaruh Media Takalintar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Perkalian Siswa Kelas III di MIN 2 Kota Madiun.” AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (February 1, 2023). https://doi.org/10.21154/thifl.v2i2.1238.

Maretha, Isrok’atun, Ani Nur Aeni, Lathifah Eka Nur. “Pengembangan Media KUBIKAL Sebagai Sarana Pengenalan Konsep Dasar Perkalian di Kelas 2 Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD) 8 (2024). https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.

Siti Rohmatul Hasanah. “Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian Melalui Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 182 Gresik.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8, no. 2 (December 9, 2022). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.368.

Supriyono. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minan Belajar Siswa Sd.” Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar II (Mei 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.