Penerapan Metode Al-Qira’ah li Al-Athfal dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Mushaf Madinah di Sekolah Dasar Tahfiz Al-Qur’an di Karawang
Abstract
Penelitian ini berfokus pada metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang mengacu pada standar Mushaf Al-Madinah di Sekolah Dasar Tahfiz Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami gambaran umum Metode Al-Qira’ah li Al-Athfal, cara penerapannya dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, dan hasil penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara kepada beberapa guru dan siswa, serta observasi di halaqah-halaqah pembelajaran. Dokumentasi dilakukan terhadap buku Metode Al-Qira’ah li Al-Athfal yang terdiri dari 6 jilid, serta catatan hasil belajar, ujian, dan raport siswa. Sekolah Dasar Tahfiz Al-Qur’an di Karawang menggunakan Metode Al-Qira'ah li Al-Athfal dalam 3 sesi halaqah (Dhuha, ba’da Ashar, dan ba’da Maghrib), dengan durasi rata-rata 70 menit per sesi dan waktu tatap muka one-on-one dengan guru selama 11 menit. Hasil pembelajaran dari 26 siswa kelas 1 tahun ajaran 2023-2024 menunjukkan bahwa metode ini efektif, dengan 23 dari 26 siswa berhasil menyelesaikan pembelajaran hingga jilid 6 dalam satu tahun ajaran. Pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa berdasarkan observasi awal, memungkinkan adaptasi terhadap kecepatan belajar individu. Tiga siswa yang belum menyelesaikan pembelajaran memerlukan pendekatan lebih personal dan intensif. Ini menekankan pentingnya pemantauan dan dukungan berkelanjutan bagi siswa yang mengalami kesulitan untuk memastikan semua siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Musayyieb, Said Ali, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, Abas Mansur Tamam, and Hasbi Indra. “Perencanaan Proses Pembelajaran Taḥsīn Dan Taḥfīẓ Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Annajah Bekasi.” Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa 13, no. 1 (March 30, 2023). https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol13.Iss1.380.
Anas, Imam Malik Bin. Al Muwaththa Jilid 4. Abu Dhabi: Muassasah Zayid ibn Sultan Al-Nahyan li al-A’mal al-Khairiyah wa al-Insaniyah, 2004.
As-Sa`idi, Abd ar-Rahman Ibn Nasir. Taisir Al-Karim Ar-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Beirut: Muassasah Ar-Rayyan, 2000.
Bagdadi, Al Khatib. Al Jami’ Li Akhlaq Ar Rawi Wa Adab as Sami’ Juz 1. Riyadh: Maktabah al Ma’arif, 2007. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=29341.
Khoeron, Moh. “Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi.” https://kemenag.go.id, 2023. https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W.
Muflih Al-Maqdisi, Abi Abdillah Muhammad bin. Al-Adab Asy-Syar’iyah. Libanon: Muassasah Ar-Risalah, 2005.
Munif, Muhammad, Zaenol Fajri, and Nur Diana Kholidah. “Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Penguasaan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Mi Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 1 (March 8, 2024). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11766.
Mushaf Al-Madinah An-Nabawiyah. Saudi Arabia: Mujamma’ Al-Malik Fahad, n.d.
Sarbini, Abu Abdillah Muhammad as-. Al-Qira’ah Li Al-Athfal. Magelang: Maktabah Al-Minhaj, 2012.
Yala, Abu Al-Husain Muhammad bin Abi. Thabaqat Al-Hanabilah. Beirut: Dar al-Ma’arif, n.d.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.