Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal pada Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan linguistik verbal pada peserta didik kelas 1A pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 1A di SD Muhammadiyah 2 Kauman sejumlah 18 anak. Prosedur pelaksanaan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berupa lembar observasi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan linguistic verbal siswa kelas 1A mengalami peningkatan setelah dilakukan Tindakan pada siklus I dan siklus II dibandingkan dengan pra siklus. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kecerdasan linguistik verbal anak, khususnya dalam penggunaan media pembelajaran Flashcard untuk peserta didik kelas 1A di SD Muhammadiyah 2 Kauman. Media Flashcard bermanfaat untuk menarik perhatian peserta didik serta mampu meningkatkan peserta didik dalam hal kecerdasan linguistic verbal, kemampuan membaca serta pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disampaikan guru. Adapun saran dari penelitian ini yaitu media pembelajaran guru dapat dikembangkan lagi melalui berbagai kegiatan di dalam maupun di luar kelas. Guru juga sebaiknya menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar kemampuan kecerdasan linguistik verbal peserta didik dapat meningkat dan berkembang dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S. dan Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 (2).
Agnes, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard di TK Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Aini, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Daily Activity Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa. Jurnal Kinerja Pendidikan, 2(2). https://www.journalserambi.org/index.php/jkk/article/view/162
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Djajadi, Muhammad. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomAction Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Djamarah, S., B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Israwati, I., Lukman, L. & Hamid, A.N. (2022). Efektivitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Sultra Educ. J., 2(1). http://doi:10.54297/seduj.v2i1.214
Jamil, Z. A. & Putri, A. B. E. (2020). Evaluasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tunas Mulya Kota Jambi. Jurnal Islam Early Child Education, 3(2). https://doi:10.24014/kjiece.v3i2.10877
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. 1st edn. Jakarta: Kencana.
Maharany, A. D. (2016). Gejala Fonologis Bahasa Indonesia pada Anak Usia 3-4 tahun di PAUD Permata Hati Kota Kendari. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 1(2).
Nanda, I., dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Indramayu : Penerbit Adab.
Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan KelasBagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita dan Fakta. Jurnal Realita, 15( 1).
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1).
Pebriana, P. H.. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidik. Anak Usia Dini, 1(1). https://doi:10.31004/obsesi.v1i1.26
Pradana, P. H. & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Education Journal, 2(1). https://doi:10.31539/joeai.v2i1.587
Pujiati, M. (2017). Cara mudah mengajar anak membaca: mengajari anak membaca menjadi ringan dan menyenangkan. Jakarta: Nauka Publishing.
Puspitasari, F., Andriansyah, A., Guspita, A. R., Hakim, A. A. A., Jaini, Zahra, N., & Wahyudi. (2022). Implementasi Flashcard Sebagai Media untuk Menambah Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri 016 Kelurahan Sungai Perak. TRIMAS: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.58707/trimas.v2i2.232
Rofi’ah, S., Setyowati, A., & Idhayanti, R. I. 2018). Media Gambar Flashcard dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Jendela Inovasi. 1(2). https://doi:10.56354/jendelainovasi.v1i2.19
Sari, R. P., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermain Flash Card Subaca. Al-Athfaal Jurnal Ilmu Pendidik. Anak Usia Dini. 1(2). https://doi:10.24042/ajipaud.v1i2.3741
Sternberg, R. J., & Karami, S. (2021). Integrating Diverse Points of View on Intelligence: A 6P Framework and Its Implications. Journal of Intelligence, 9(3).
Suminah, E. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3).
Ulwiyah, I. (2019). Pengaruh Story-Reading (Buku Bilingual) terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES), 2(2). https://doi.org/10.31539/joes.v2i2.949 .
Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Sleman : Deepublish
Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis. Jurnal Psikologi Islami, 4(1). https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156
Warsah, I., Aprilian, M., & Rahmaningsih, S. (2020). Kecerdasan Interpersonal Siswa: Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkannya di SMP 03 Rejang Lebong. Tarbawiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i2.2229
Yaumi, M. & Ibrahim, N. (2019). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligence) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.