Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Keterampilan Membaca Permulaan
Abstract
Di tengah tantangan pendidikan modern, keterampilan membaca permulaan menjadi salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai sejak dini. Namun, media pembelajaran konvensional seringkali kurang menarik dan kurang efektif untuk mendorong siswa menguasai keterampilan ini. Media interaktif dikembangkan dalam penelitian ini dengan menyediakan materi membaca permulaan yang disajikan secara visual dan interaktif, sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan pada siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas II SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan keterampilan membaca permulaan siswa setelah pengembangan media interaktif menggunakan aplikasi canva untuk membaca permulaan siswa sd kelas II. Pada penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery dan Evaluations). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan media interaktif berbasis aplikasi Canva untuk keterampilan membaca permulaan siswa SD kelas II ini dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Validasi produk oleh ahli menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi, yaitu 93%, menandakan bahwa media ini sangat layak digunakan. Dan validasi produk oleh ahli menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi, yaitu 58%, menandakan bahwa media ini cukup baik digunakan. Hasil uji coba juga mengindikasikan respon yang sangat positif dari siswa, dengan skor keseluruhan 80%. Meskipun demikian, terdapat ruang untuk penyempurnaan lebih lanjut untuk mencapai hasil yang lebih optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Erlina, Tiara, and Prana Dwija Iswara. “Pengembangan Aplikasi Berbasis Android sebagai Media Membaca Permulaan Siswa SD Kelas I.” Attadib: Journal of Elementary Education 7, no. 2 (July 8, 2023). https://doi.org/10.32507/attadib.v7i2.1930.
Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki Nurzakiyah, Nasywa Atha Kanya, Sulis Putri Hidayat, and Usep Setiawan. “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran.” Journal of Student Research 1, no. 2 (January 19, 2023). https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938.
Hasanudin, Cahyo, and Erna Linda Puspita. “Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps:” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (February 28, 2017). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618.
Jannah, Miftahul, Sulfasyah Sulfasyah, and Rukli Rukli. “Praktikalitas Media Interaktif Pembelajaran Membaca Permulaan Berbantuan Powerpoint Berbasis Pendekatan Balanced Literacy Approach.” Jurnal Basicedu 8, no. 1 (February 9, 2024). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.5666.
Lubis, Rahmad Fauzi. “Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16, no. 1 (June 24, 2019).
Maghfiroh, Rahmatul, and Hendratno Hendratno. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 12, no. 7 (June 27, 2024).
Ndraha, Hiskia, and Agnes Renostini Harefa. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara.” Journal on Education 6, no. 1 (June 25, 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3714.
Oktavia, Delia, Dadan Djuanda, and Prana Dwija Iswara. “Pengembangan E-Flashcard Berbasis Metode Kata Lembaga Sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 10, no. 3 (July 3, 2024). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3941.
Purba, Hilda Melani, Humairo Sakinah Zainuri, Nadia Syafitri, and Rizky Ramadhani. “Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 2, no. 3 (June 15, 2023). https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025.
Sapriyah, Sapriyah. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (May 31, 2019).
Syahrir, Ayun Permata, Sadira Putri Zahirah, and Ummi Salamah. “Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva Dalam Pembelajaran Multimedia Di SMA Negeri 1 Taman.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) 2 (October 7, 2023).
Wafiq Fadillah and Saida Zainurossalamia Za. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Canva.” MAMEN: Jurnal Manajemen 2, no. 2 (April 29, 2023). https://doi.org/10.55123/mamen.v2i2.1808.
Widyowati, Ferty Tri, Intan Rahmawati, and Wawan Priyanto. “Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar.” International Journal of Community Service Learning 4, no. 4 (December 4, 2020). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29714.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.