Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Kolaborasi Kelas V pada Materi Ekosistem

Qonita Nurhamidah Nasution, Enjang Yusup Ali, Ali Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas V materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SDN Cikoneng I, Kabupaten Sumedang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B SDN Cikoneng I. Penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar, lembar observasi, serta dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan project-based learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa. Dibuktikan dari uji beda rata-rata pada soal yang mengukur kemampuan kognitif dan hasil pottest yang lebih tinggi daripada pretest. Terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan kognitif, dilihat dari hasil tes kemampuan kognitif kelas eksperimen lebih unggul. Setelah pembelajaran berbasis proyek diterapkan, keterampilan kolaborasi siswa menjadi lebih aktif saat berkelompok terutama saat memecahkan masalah, menyampaikan ide dan menyelesaikan proyek kelompok. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi antara project based learning dan pembelajaran konvensional, kelas eksperimen menunjukkan siswa yang lebih aktif dalam mengerjakan proyek kelompok dengan tepat waktu, menerima pendapat dan mampu menyampaikan ide dengan baik.


Keywords


Project Based Learning, Kemampuan Kognitif, Keterampilan Kolaborasi, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Almulla, Mohammed Abdullatif. “The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning.” Sage Open 10, no. 3 (July 2020). https://doi.org/10.1177/2158244020938702.

Balaka, Muh. Yani. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.

Dewi, Alia Purwati, Adelia Putri, Danita Kurnia Anfira, and Baskoro Adi Prayitno. “Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA.” PEDAGOGIA 18, no. 1 (April 30, 2020). https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.22502.

Fatimah, Siti, and Ika Kartika. “Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter.” Al-Bidayah 5, no. 2 (2013). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.125.

Jumadi, Jumadi, Mardian Mardian, and Lili Yanti. “Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksposisi.” Journal of Educational Review and Research 3, no. 1 (July 31, 2020). https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2064.

Pudyaningrum, Sheshylia. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 Sdn Cungkup.” Thesis, Universitas Islam Sultan Agung, 2023. https://repository.unissula.ac.id/32154/.

Rafsanzani, Mar’i Naufal, Arwin Surbakti, and Darlen Sikumbang. “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan.” JURNAL BIOTERDIDIK: Wahana Ekspresi Ilmiah 8, no. 1 (2020).

Rostiani, Ani, Atep Sujana, and Asep Jayadinata. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Terhadap Penguasaan Konsep Dan Motivasi Siswa Pada Materi Siklus Air.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 7, no. 2 (December 8, 2023). https://doi.org/10.29240/jpd.v7i2.8116.

Yusra, Zhahara, Rufran Zulkarnain, and Sofino Sofino. “Pengelolaan LKP Pada Masa Pendmik Covid-19.” Journal Of Lifelong Learning 4, no. 1 (June 9, 2021). https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.