Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Materi Bentang Alam

Nurmelina Siregar, I. Isrok’ atun, Ali Ismail

Abstract


Lingkungan sekitar sekolah dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS dan menjelaskan bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD/MI yang terdapat di Kabupaten Sumedang. Dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sukaraja II yang berjumlah 89 orang. Dimana kelas IV A yang berjumlah 30 0rang siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV C yang berjumlah 30 orang dijadikan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat nilai rata-rata kelas eskperimen pada saat posttest yang semula 60,10 mengalami kenaikan menjadi 84,87 atau apabila dihitung dengan persentase naik sebesar 59%.


Keywords


Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar, IPAS

Full Text:

PDF

References


Andriani, Litia. “Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi,” 2021.

Dewi, Anggra Lita Sandra, and Ery Rahmawati. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto TA 2017-2018.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2, no. 2 (August 20, 2018). https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1818.

Faolina, Eva. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Di Mi Fityatul Ulum Pelepok Tahun Pelajaran 2021/2022,” n.d.

Ifrianti, Syofnidah. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MIN 10 Bandar Lampung” 3 (2016).

Imron, Muhamad. “Kegiatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Kelas Iv Sd Negeri Cipeundeuy” 1, no. 1 (2019).

Ramawati, Isye. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Geografi Gea 16, no. 1 (August 22, 2016). https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469.

Rochanah,“Lingkungan Alam Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kekuasaan Allah Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Pondok Pesantren Al Mawaddah Kudus.” Elementary: Islamic Teacher Journal 6, no. 1 (November 10, 2018). https://doi.org/10.21043/elementary.v6i1.3617.

Sari Ayuningsih, Firda, and Irfan Fajrul Falah. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( Ipa ) Siswa Kelas IV SDN 1 Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan.” Jurnal Lensa Pendas 5, no. 2 (September 15, 2020). https://doi.org/10.33222/jlp.v5i2.1637.

Taileleu, Fidaresta. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV,” n.d.

Warwey, Nurlela, and Gunawan Santoso. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran PAI Kelas IV SD Inpres 27 Kabupaten Sorong” 02, no. 04 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.