Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Materi Tata Surya Siswa Kelas V SDN Sumberdiren 01 Garum

Salsabila Khoirunnisa, Mohamad Fatih, Khoirul Wafa

Abstract


Menurut data empiris, sejumlah besar pendidik masih menggunakan metode ceramah, yang menempatkan pengajar sebagai pusat kelas. Kapasitas kognitif siswa akan menurun jika sumber belajar yang menarik dan kreatif tidak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan, daya tarik, dan validitas media flashcard berbasis Augmented Reality dengan konten tata surya. Paradigma pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) digunakan pada penelitian ini sebagai bagian dari metodologi penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada kategori "Valid", pakar media didapatkan skor persentase 75%, pakar materi didapatkan skor 95%, dan pakar bahasa didapatkan skor 85,7% pada kategori "Sangat Valid". Dengan skor persentase sebesar 97,5% pada kategori "Sangat Efektif", guru kelas lima mengevaluasi keefektifan media. Siswa kelas lima mengevaluasi daya tarik media, dan mereka memberikan nilai 96,6% pada kategori "Sangat Menarik". Hal ini menunjukkan bahwasanya media Flashcard berbasis Augmented Reality mempunyai tingkat keefektifan yang sangat tinggi sehingga dapat memicu guru tertarik untuk menggunakan media pada saat mengajar.


Keywords


Flashcard, Augmented Reality, IPAS, Tata Surya

Full Text:

PDF

References


Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., & Kadek Ayu Ariningsih. (2019). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2.

Alfi, Cindya, Mohamad Fatih, dan Khilyatul Izah Islamiyah. “Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual 6, no. 2 (2022).

Fatih, Mohamad, Ala Khomaria, Lana Diyani Aswitama, Nurlaila Al Latif, dan Melati Maulida Hidayat. “Flip Book Digital Berbasis Aughmented Reality Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas V SDN Sumberjo 01 Kabupaten Blitar.” Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual 7, no. 3 (2023). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.770.

Festiawan, Rifqi. “Belajar dan pendekatan pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman, 2020.

Kemendikbud Tahun 2022.Capian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A- Fase C.

Khofifah, Narizka Nurul, Cindya Alfi, dan Mohamad Fatih. “Pengembangan Scrapbook Berbasis PJBL Materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 02 (2023).

Mufidah, Umi Zumrotul, Mohamad Fatih, dan Cindya Alfi. “Pengembangan Media Flashcard Berbasis Quizlet untuk Meningkatkan Self Efficacy.” Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 9, no. 2 (2023). https://doi.org/10.30738/st.vol9.no2.a16245.

Nafi'ah, I., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Nina, Qurota A’yun, Mohammad Fatih, dan Cindya Alfi. “Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Materi Gaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 11 (2023). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2597.

Novitasari, Nurul, Eka Alfatur Rosyida, Siti Maslakah, Chilyatul Azkiyya, dan Aina Shofiyana. “Pelatihan Pembuatan Flash Card untuk Mengembangkan Kreatifitas Guru PAUD dalam Mengajar.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2023).

Nur, Datin Rosyda, dan Mita Anggaryani. “Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Gerak Lurus untuk Siswa SMA Kelas X.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2855.

Rismayanti, Tristi Ardita, Nurul Anriani, dan Sukirwan Sukirwan. “Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286.

Sri, Widiawati. “Pengembangan Media Flash Card Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Batu Kumbung.” Universitas_Muhammadiyah_Mataram, 2021.

Sugiyono, P. D. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, P Dr. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D” Bandung: ALFABETA, 2019.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Yusuf, Anil, I Nyoman Suardana, dan Kompyang Selamet. “Pengembangan media pembelajaran flashcard IPA SMP materi tata surya.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 4, no. 1 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.