Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang sering terjadi di dunia pendidikan yaitu media pembelajaran yang kurang bervariasi. Dari fenomena mengenai masalah media pembelajaran yang membuat motivasi belajar menurun dan mengakibatkan siswa bosan dalam proses pembelajaran, membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep pada suatu materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan video animasi mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV pada materi bagian-bagian tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan desain yang digunakan adalah ADDIE. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sukaraja II dan sampelnya adalah siswa kelas IV A dan IV C di SDN Sukaraja II di Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Wawancara, soal pretest-posttest, dan angket respon siswa adalah instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan hasil data dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi layak digunakan dalam pembelajaran pada materi bagian-bagian tumbuhan, kelayakan tersebut dinilai dari segi media dan materi. Pembelajaran dengan model konvensional mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa namun jika menggunakan dibantu menggunakan video animasi mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa lebih tinggi lagi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhadabi, Amal, Said Aldhafri, Hussain Alkharusi, Ibrahim Al-Harthy, Marwa Alrajhi, and Hafidha AlBarashdi. 2019. “Modelling Parenting Styles, Moral Intelligence, Academic Self-Efficacy and Learning Motivation among Adolescents in Grades 7–11.” Asia Pacific Journal of Education 39 (1). https://doi.org/10.1080/02188791.2019.1575795.
Aspi, Muhammad. 2022. “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan” ADIBA: Journal Of Education 2 (1). https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/57/51.
Firmadani, Fifit. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0” 2 (1).
Handayani, Devy. 2020. “Pemanfaatan Youtube Pada Saat Pandemi Covid 19 Untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Vocabulary Dan Pemahaman Siswa.” JUPENDIK: Jurnal Pendidikan 4 (2).
Magfiroh, Tia Ayu. 2017. “Implementasi Model Personalized Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK.” Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahma, Febrizka Alya, Hary Soedarto Harjono, and Urip Sulistyo. 2023. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Basicedu 7 (1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653.
Rahmatunnida, R, R R T Busono, and A Ardiansyah. 2020. “Application of Animation Video to Improve Student Learning Outcomes in Estimating Construction Costs.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 830 (4). https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/4/042060.
Ramadhan, Gilang, Rohana Rohana, and Amir Pada. 2023. “The Effect Of Use Animation Media On Learning Outcomes In Science Learning Of The Fourth Grade Students Telkom Makassar.” International Journal of Elementary School Teacher 1 (2). https://doi.org/10.26858/ijest.v1i2.17970.
Rende, Jeane, and Djeli Alvi Tulandi. 2022. “Implementasi Pembelajaran Eksploratif Tentang Konsep Dan Proses Fisika Pada Dinamika Fenomena Alam Danau Tondano.” Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika 3 (2). https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.200.
Sahyan, Eka Sasimita Siregar, Heni Fitriani, and Rani Andani. 2021. “Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Ra Rahmat Islamiyah (Studi Kasus Penerapan Metode, Media, Dan Evaluasi Pembelajaran).” AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education 01 (02).
Sukmaningrum, Afida, Triman Juniarso, and Imas Srinana Wardani. 2023. “Penggunaan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar.”
Supriyah. 2019. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar” Prosponding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2 (1).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.